Rabu 14 Aug 2019 23:37 WIB

Gerindra Dominasi Raihan Kursi DPRD Sumbar

Gerindra peroleh 14 kursi DPRD sedangkan PDIP hanya 3 kursi

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Rapat pleno terbuka KPU Sumbar untuk penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumbar di Padang, Rabu (14/8)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Rapat pleno terbuka KPU Sumbar untuk penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumbar di Padang, Rabu (14/8)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Partai Gerindra keluar sebagai pemenang pada Pemilihan Umum Legislatif untuk daerah Sumatera Barat periode 2019-2024. Partai yang dipimpin Prabowo Subianto tersebut merebut 14 kursi di DPRD Sumatera Barat.

"Dengan ini kita tetapkan hasil perolehan kursi DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024," kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen, di Mercure Hotel, Padang, Rabu (14/8).

Gerindra meraih 14 kursi dari delapan daerah pemilihan yang ada di Sumbar. Partai yang tergabung dalam gerbong koalisi pengusung pasangan capres nomor urut dua Prabowo-Sandiaga Uno pun mendapatkan jatah kursi DPRD. Tercatat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapatkan 10 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 10 kursi dan Partai Demokrat 10 kursi.

Partai Golkar yang merupakan pemenang Pemilu Legislatif tingkat provinsi tahun 2014 lalu hanya merebut 8 kursi. Sementara partai-partai yang tergabung dalam koalisi pengusung pasangan capres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendapat kursi yang terbilang minim. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat tiga kursi, Nasdem tiga kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) empat kursi. PDIP yang notabene merupakan partai pemenang Pemilu 2019 hanya mendapat tiga kursi di DPRD Sumbar 2019-2024.

Pada Pemilu Legislatif DPRD Sumbar 2019 ini, Partisipasi pemilih 81 persen dengan total pemilih 3,7 juta suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement