Rabu 14 Aug 2019 00:01 WIB

Lengkap: Lempar Jumrah di Mina Pada Hari Kedua Tarwiyah

Suasana kesibukan jamaah melempar jumrah di Mina

Jamaah haji dari berbagai negara melaksanakan lontar jumrah ula,  wustha, dan aqabah di Mina,  Senin (12/8). Pada Senin yang bertepatan dengan tanggal 11 Dzulhijah untuk melempar jumrah ula, wustha, dan aqabah. Senin malam waktu Arab Saudi, jamaah haji akan kembali mabit (bermalam) di Mina.
Foto:
Tampak sejumlah tenda jamaah haji yang ada di Mina, Senin (5/8) sore waktu Arab Saudi. Tenda-tenda tersebut akan digunakan jamaah haji dari berbagai negara untuk persiapan melontar jumrah setelah wukuf di Arafah dan Mabit di Muzdalifah.

Kini tugu jamarat sudah di depan jamaah. Mereka pun melempar batu jumrah ke arah tiang sebagai pertanda mengikuti jejak nabi Ibrahim ketika melempariblis yang menggodanya ketika hendak menyembelih putranya, Ismail.

 

photo

Keterangan foto 12: Jamaah haji dari berbagai negara melaksanakan lontar jumrah ula, wustha, dan aqabah di Mina, Senin (12/8). Pada Senin yang bertepatan dengan tanggal 11 Dzulhijah untuk melempar jumrah ula, wustha, dan aqabah. Senin malam waktu Arab Saudi, jamaah haji akan kembali mabit (bermalam) di Mina.

Nah, setelah melempar jumrah di Jamarat, rombongan jamaah balik lagi ke tenda. Melewati suasana kawasan Mina di sebuah pagi yang hiruk pikuk.

photo

Keterangan foto 14: Suasana pagi di Mina ketika jamaah kembali ke tenda setelah melempar jumrah.

photo

Keterangan foto 15: Suasana Mina pada Selasa pagi (13/10).

Dalam perjalanan pulang jamaah melewati terowongan Mina yang legendaris.

photo

Keterangan foto 16: Jamaah pulang ke tenda melintasi terowongan Mina yang legendaris. Di sinilah dahulu terjadi tragedi tubrukan antara jamaah yang hendak pergi dan pulang dari jamarat. Korbannya mencapai ratusan orang.

photo

Keterangan foto 17: Jamaah sampai diujung terowongan Mina. Pemukiman tenda mereka tampak di depan setelah melewati jalan layang.

Kini, setelah melintasi kolong jembatan layang, perjalanan jamaah sepulang melempar jumrah kini sampai ke tendanya. Jamaah ramai mengucap syukur dan takbir.

 

photo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement