Ahad 04 Aug 2019 14:05 WIB

Mati Listrik di Jabar, PLN: Gangguan Transmisi SUTET 500 kV

Belasan kabupaten dan kota di Jawa Barat mengalami mati listrik siang ini.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Pekerja melakukan penggantian material transmisi utama Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) yang melintas di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
[ilustrasi] Pekerja melakukan penggantian material transmisi utama Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) yang melintas di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gangguan transmisi mengakibatkan aliran listrik di beberapa kabupaten/kota di Jabar termasuk Jabodetabek mengalami pemadaman. Menurut Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, di Jawa Barat Jabar terjadi gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area. Yakni, Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

"PLN memohon maaf atas pemadaman yang terjadi," ujar I Made kepada wartawan, Ahad (4/8).

Baca Juga

I Made mengatakan, PLN harus melakukan pemadaman akibat  Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati . Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," katanya.

Menurut Made, sekali lagi ia mohon maaf dan pengertian pada seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini. "Kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," kata Made.

Made menjelaskan, dari sisi perbaikan penyebab gangguan, sudah dilaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya. Selain itu, akan dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang setipe.

"Kami pun melakukan pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman," katanya.

Di Kota Bandung sendiri, hampir semua wilayah mengalami mati lampu. Di antaranya di Bandung Timur seperti daerah Pasir Impun, Sindanglaya, Jatihandap. Begitu juga, di Bandung Utara seperti daerah Lembang, Setiabudi, dan lainnya.

Bahkan, di salah satu Mal di Bandung Timur, Mal terlihat gelap. Lift maupun escalator juga terlihat mati sehingga pengunjung arus menaiki tangga. 

a

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement