Kamis 01 Aug 2019 16:40 WIB

Diskarpus Depok Gelar Lomba Dogeng untuk Pelajar SD/MI

Lomba ini sebagai upaya dalam menumbuhkan gemar membaca di kalangan anak.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Lomba Mendongeng
Foto: Diskarpus Depok
Lomba Mendongeng

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menggelar lomba dongeng untuk kalangan pelajar SD/MI yang merupakan salah satu rangkaian Festival Literasi Pustaka Tingkat Kota Depok. Sebanyak 23 pelajar tingkat SD/MI se-Kota Depok mengikuti lomba mendongeng di aula Gedung Perpustakaan Umum Kota Depok, Rabu (31/7).

Kepala Diskarpus Kota Depok Siti Chaerijah menjelaskan, lomba mendongeng ini dimaksudkan sebagai upaya dalam menumbuhkan gemar membaca di kalangan anak. Melalui dongeng, anak akan membaca dan kemudian bercerita kepada khalayak yang lebih luas.

"Ini bagian dari menanamkan gemar membaca yang dimulai sejak dini. Tentu agar anak terbiasa untuk membaca buku," kata Siti, Kamis (1/8).

Menurut Siti, cerita yang disampaikan anak-anak melalui dongeng tersebut merupakan cerita daerah. Selain menumbuhkan minat baca, pihaknya juga ingin menambah wawasan anak untuk mengetahui cerita daerah.

"Diharapkan melalui dongeng anak-anak dapat terus memberi motivasi untuk gemar membaca dan dapat mengajak temannya untuk bercerita. Tak hanya itu, mereka juga dapat menanamkan pendidikan karakter dan budi pekerti agar ke depannya anak-anak mempunyai karakter dan akhlak yang baik," harap Siti.

Siti menegaskan, generasi penerus haruslah terus membaca sehingga mendapatkan pendidikan dan wawasan yang luas. "Tentu dengan lomba ini dapat mengasah pengetahuan dan mempunyai karakter yang berpendidikan, dan semua itu bermula dari kegemarannya dalam membaca," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement