Senin 29 Jul 2019 11:05 WIB

Sukabumi akan Bangkitkan Lagi Koi Sebagai Ciri Khas Daerah

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ingin Sukabumi kembali dikenal jadi sentra koi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Christiyaningsih
festival ikan koi
Foto: Antara
festival ikan koi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi akan membangkitkan kembali ikan koi sebagai salah satu ciri khas daerah. Caranya dengan menggelar kegiatan festival bertarap nasional untuk mengenalkan koi lokal.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Festival Koi Lokal 2019 yang digelar di Gedung Widaria Kencana (GWK), Jalur Lingkar Selatan Kota Sukabumi akhir pekan lalu. Ajang ini diharapkan mampu mengembalikan citra Sukabumi yang terkenal dengan ikan koinya.

Baca Juga

"Ada tiga kegiatan besar yang akan digelar di Kota Sukabumi dan dua di antaranya sudah ditetapkan yakni kuliner dan musik," ujar Achmad Fahmi. Namun satu lagi belum ditentukan dan kemungkinan besar adalah festival koi.

Hal ini, kata Fahmi, sebagai bentuk apreasiasi atas kegiatan festival koi lokal yang digagas komunitas pecinta ikan koi di Sukabumi raya. Ia mengatakan ikan koi sebenarya merupakan salah satu ciri khas Sukabumi.

Karena itulah pemkot mendukung komunitas koi untuk membangkitkan lagi ikan ini sebagai ciri khas Sukabumi. Caranya dengan menggelar satu acara berskala nasional yang menjadikan koi sebagai tema utamanya.

Di Sukabumi terdapat banyak taman lalu lintas. Lokasi itu nantinya dimungkinan ada penanda ikan koi seperti patung dengan warna merah hitam putih nuansa koi.

Keberadaan warna itu sebagai branding Sukabumi Raya sebagai bagian tidak terpisahkan dari koi. "Ingat Sukabumi ingat koi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement