Kamis 25 Jul 2019 13:43 WIB

Gerindra Lebih Dukung Anies Tuntaskan Tugasnya

Terlalu dini untuk membicarakan Pilpres 2024 yang masih lima tahun lagi.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Politikus Gerindra - Habiburokhman
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Politikus Gerindra - Habiburokhman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum juga presiden terpilih hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2019 dilantik, Partai Nasdem sudah ingin melangkah ke Pilpres 2024 mendatang. Itu setelah ketua umum Partai Nasdem, Surya Paloh berencana mencalonkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon presiden periode selanjutnya.

Menanggapi hal itu, Dewan Pembina DPP Gerindra, Habiburokhman mengatakan terlalu dini untuk membicarakan Pilpres 2024 yang masih lima tahun lagi. Praktis keinginan Partai Nasdem menuai polemik baru di tengah konsilidasi partai-partai pascapilpres 2019.

Baca Juga

Partai Gerindra selaku pengusung Anies di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 lalu turut menanggapi wacan itu. "Kita tentu hormati sikap mereka, tapi apa enggak terlalu dini? Lah wong Presiden hasil Pilpres 2019 saja belum dilantik kok ini bicara 2024," ujar Habiburokhman saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (25/7).

Habiburokhman mengatakan, justru Partai Gerindra lebih mendukung Anies menuntaskan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Karena bagaimanapun nanti, jika Anies mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik maka dukungan akan mengalir tidak hanya dari satu partai saja. "Jadi kalau kami lebih mendukung Pak Anies maksimalkan tugasnya sebagai gubernur dulu," tegas Habiburokhman.

Untuk saat ini, menurut Habiburokhman situasi politik saat ini yang masih dinamis. Bahkan partai Gerindra yang membawa Anies ke kursi gubernur saja masih fokus melakukan konsolidasi pascapilpres. Untuk situasi politik beberapa bulan kedepan saja, Habiburokhman mengatakan, masih belum pasti. Masih banyak yang memungkinkan untuk terjadi.

"Kami saat ini masih fokus dulu untuk membenahi mesin partai dan konsolidasi pendukung pascapilpres. Jadi masih dinamis, Pilpres 2024 masih terlalu jauh untuk dibicarakan," tutur Habiburokhman.

Sebelumnya, Anies Baswedan diundang makan siang oleh Surya Paloh di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (24/7). Dalam kesempatan itu, Surya Paloh menegaskan siap mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024. Bahkan dirinya bersama Nasdem siap mendukung Anies lahir dan batin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement