Selasa 23 Jul 2019 05:42 WIB

Tiga Kampung di Kab Raja Ampat Masuk Nominasi ISTA

ISTA merupakan penghargaan untuk pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan.

 Kapal fery melintas di kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Kapal fery melintas di kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, WAISAI -- Tiga kampung di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, masuk nominasi penilaian penghargaan nasional Indonesia Sustainable Tourism Award atau pengelolaan destinasi menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan. Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Senin, mengatakan bahwa tiga kampung tersebut adalah Kampung Sapokren, Kampung Kofiau, dan Destinasi Kawasan Piaynemo.

Yusdi mengatakan, kampung Sapokren pengelolaan destinasi menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Kelompok tani hutan masyarakat setempat mengelola hutan kawasan konservasi dan memanfaatkan jasa lingkungan guna meningkatkan perekonomian.

Sedangkan kawasan Piaynemo, menurut Yusdi, pengelolaan destinasi wisata oleh pemuda dan masyarakat berjalan baik serta menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Ia menyampaikan, Kampung Kofiau juga masuk penilaian ISTA dengan kategori budaya, yakni sasi atau kearifan lokal dalam konservasi dan pariwisata.

Menurut Yusdi, Raja Ampat telah mengikuti penilaian ISTA, yakni pada 2017 dan 2018 yang diikuti Kampung Wisata Arborek dan dua kali mendapatkan juara sebagai Kampung Wisata.

"Kami berharap Kampung Sapokren, Kampung Kofiau dan Destinasi Kawasan Piaynemo yang masuk nominasi penilaian ISTA meraih penghargaan nasional sesuai kategori masing-masing yang diperlombakan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement