Jumat 12 Jul 2019 00:29 WIB

Partai Golkar Disarankan Percepat Munas

Percepatan guna mempermudah koordinasi roda pemerintahan Jokowi.

Bendera Partai Golkar.
Foto: dok. Republika/Aditya Pradana Putra
Bendera Partai Golkar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analisis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyarankan Partai Golkar mempercepat penyelenggaraan Musyawarah Nasional (munas). Percepatan guna mempermudah koordinasi roda pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) ke depan.

"Lebih cepat akan lebih baik. Karena kalau lambat, koordinasinya dengan pemerintahan ke depan akan susah," kata Pangi dihubungi di Jakarta, Kamis (11/7).

Baca Juga

Pangi menyarankan Golkar mempercepat munas seperti dilakukan PDI Perjuangan, PKB dan Nasdem yang juga mempercepat perhelatan kongres atau muktamar partai. Pangi mengatakan, salah satu agenda utama Munas Golkar adalah penentuan ketua umum ke depan.

Jika ketum baru Golkar sudah ditentukan sebelum pelantikan Jokowi-Ma'ruf Oktober 2019 mendatang, maka koordinasi dengan pemerintah akan lebih mudah. Dia menekankan ketua umum partai berhak merekomendasikan nama kader terbaik partai jika diminta oleh Presiden Jokowi.

Karena itu, partai yang sudah menentukan figur ketua umum sebelum pelantikan, akan memberikan kepastian kepada presiden dan wapres terpilih terkait siapa nama kader yang diusulkan sebagai menteri, dan mengurangi tarik-menarik kepentingan. "Artinya ketum baru harus sudah ditentukan sebelum pelantikan, agar nama menteri yang diusulkan tidak diutak-atik atau tidak diganggu lagi," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement