Selasa 09 Jul 2019 19:00 WIB

Transjakarta akan Masuk Kampus UI

Ke depan diharapkan tidak ada lagi kendaraan pribadi masuk Kampus UI.

Bus Transjakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bus Transjakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Bus Transjakarta akan masuk ke dalam wilayah kampus Universitas Indonesia (UI) sebagai upaya menunjang layanan transportasi yang lebih baik. "Sebelumnya bus Transjakarta ini hanya sampai depan kampus UI, tetapi nantinya kami akan memasuki wilayah kampus UI," kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono usai melakukan penandatanganan MoU antara Transjakarta dengan UI di Gedung Rektorat UI Depok, Selasa (9/7).

Agung mengatakan menyiapkan 35 unit bus Transjakarta dengan dua rute, yakni tujuan UI-Lebak Bulus MRT dan UI-Manggarai dengan terhubung KRL. Ia mengatakan dengan masuknya Transjakarta tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di UI.

Baca Juga

"Bus Transjakarta masuk lingkungan kampus UI ini akan mulai beroperasi pada 1 Agustus," ujarnya.

Agung mengatakan akan menambah tiga rute lagi, yaitu Kampung Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI via Raya Bogor, dan UI-Margonda. Agung menjelaskan bus ini akan ada setiap lima menit di halte-halte yang ada di Fakultas UI. Mahasiswa tidak akan dikenai tarif jika hanya berkeliling di dalam kampus.

Mengenai tarif, untuk reguler Rp 3.500, yaitu naik dari luar ke dalam atau dari dalam ke luar. Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mengatakan kerja sama dengan Transjakarta ini diharapkan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Ke depan, jika dimungkinkan maka tak ada lagi kendaraan pribadi masuk ke kampus," kata Anis.

Kerja sama tersebut merupakan upaya untuk mengarah menjadi kampus hijau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement