Sabtu 06 Jul 2019 18:39 WIB

Medsos akan Jadi Tren Perusahaan dalam Rekrutmen Karyawan

UBSI memperkenalkan media social qualification dalam dunia kerja.

Suasana seminar “Persiapkan Diri Untuk Meraih Karir Ideal Di Era Revolusi Industri 4.0
Foto: Dok UBSI
Suasana seminar “Persiapkan Diri Untuk Meraih Karir Ideal Di Era Revolusi Industri 4.0

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar seminar pengembangan karir dengan tema “Persiapkan Diri Untuk Meraih Karir Ideal Di Era Revolusi Industri 4.0”. Acara seminar ini dilaksanakan di UBSI Kampus Salemba, Jalan Salemba Tengah nomor 22, Paseban, Senen, Jakarta Pusat,  Selasa (2/7).

Seminar itu mengundang nara sumber Maruly Abraham Syah, kepala Sub Divisi Pengembangan Karir dan SDM Perum Bulog; dan Omar Akbar AP, kepala Seksi Pengembangan SMD Perum Bulog.

Maruly Abraham Syah mengatakan,  saat ini proses rekrutmen karyawan dalam sebuah perusahaan ada istilah yang disebut Media Social Qualification. Maksudnya, sebelum menerima pegawai, perusahaan melakukan penelusuran rekam jejak aktivitas keseharian calon pegawainya melalui media sosial (medsos).

“Media sosial akan menjadi tren bagi perusahaan saat akan menerima karyawannya. Karena itu, bijaklah saat membuat postingan di media sosial, apalagi saat kita mencari pekerjaan,” ujar Maruly seperti dikutip dalam rilis UBSI yang diterima Republika.co.id, Sabtu (6/7).

Selain itu, ia menambahkan, ada istilah lain yakni Gamification, teknik seleksi karyawan menggunakan alat permainan. Terakhir,  ada istilah Creative Video “Self Selling” for Recruitment, yang merupakan salah satu bentuk pembuatan video lamaran kerja calon pelamar ke beberapa perusahaan.

photo
Peserta seminar berfoto bersama dengan nara sumber.

Pada kesempatan yang sama Omar Akbar ikut menyampaikan bijaklah dalam bersosial media, tetap gunakan attitude yang baik dalam berselancar di media sosial dan terus meningkatkan prestasi akademik.

“Kita tidak bisa memprediksi akan berhadapan dengan apa kita nantinya, namun kita bisa mempersiapkan diri sedini mungkin dan sebaik mungkin dengan banyak belajar dan terus menggali peluang,”  kata Omar.

Selain itu, Kepala UBSI kampus Salemba 22 Ricki Sastra mengungkapkan,  perkembangan di era industri 4.0 ini juga berpengaruh terhadap cara penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement