Rabu 03 Jul 2019 18:27 WIB

Taman Air Menari Kembali Dibuka di Taman Pintar

Wahana ini juga dapat mendorong gaya hidup sehat keluarga sejak dini.

Anak-anak bermain di Wahana Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta, Selasa (2/7).
Foto: Fernan Rahadi/Republika
Anak-anak bermain di Wahana Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta, Selasa (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wahana Taman Air Menari yang sempat direnovasi beberapa waktu lalu akhirnya kembali dibuka, Selasa (3/7) lalu. Beberapa waktu yang lalu, sejumlah peralatan yang berada di wahana tersebut memang rusak sehingga perlu diperbaiki.

Tidak ada perubahan konsep dibandingkan dari saat terakhir kali direnovasi karena perubahan dilakukan terakhir dua tahun yang lalu.  "(Pengelola) Taman Pintar sebenarnya senang jika ada alat yang rusak. Hal itu menandakan peralatan tersebut dipakai sebagai media interaksi dengan anak-anak," kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana, Selasa (2/7).

Namun, di sisi lain, Afia juga mengimbau masyarakat turut menjaga dan merawat wahana-wahana yang ada di Taman Pintar. Hal itu dikarenakan Taman Pintar merupakan fasilitas publik untuk seluruh masyarakat Yogyakarta. "Momen ini juga dipakai sebagai sarana edukasi juga agar kita sama-sama menjaga Taman Pintar untuk kepentingan semua," ujarnya.

Renovasi Wahana Taman Air Menari ini dibiayai oleh Danone Indonesia. "Dukungan ini merupakan salah satu perwujudan dari misi Danone yaitu membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang di dunia melalui nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, hingga aktivitas fisik yang teratur," ujar Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo.

 

Taman Air Menari merupakan area bermain anak-anak yang terletak di area luar ruang halaman Taman Pintar, dimana anak-anak dapat secara cuma-cuma melakukan berbagai permainan air yang tersedia.

Dorong Gaya Sehat Keluarga

Senada dengan perayaan Hari Keluarga Nasional baru-baru ini, Taman Air Menari juga dapat mendorong gaya hidup sehat keluarga yang perlu dimulai sejak dini. Dokter Spesialis Anak, dr Mei Neni Sitaresmi, mengatakan penting bagi orang tua untuk mendukung gaya hidup sehat dalam keluarga dengan membiasakan konsumsi nutrisi seimbang dan beraktivitas fisik yang cukup sebagai salah satu bentuk stimulasi kepada si kecil.

"Wahana Taman Air Menari tentunya dapat mendorong anak bergerak secara aktif dan memberikan stimulasi motorik kasar, halus, sosial, dan kognitif yang dapat merangsang perkembangan mereka," ujar Mei.

Hadirnya Wahana Taman Air Menari juga disambut baik oleh selebgram yang juga public figure, Sarah Diorita. "Saya menyambut gembira hadirnya wahana seperti Taman Air Menari di Taman Pintar karena dapat mendukung orang tua dalam memberi kesempatan pada anak untuk bermain di ruang terbuka, serta di saat bersamaan mengajarkan pentingnya gaya hidup sehat keluarga secara langsung dalam suasana yang menyenangkan," kata istri gitaris Sheila On 7, Eross Candra ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement