Selasa 02 Jul 2019 20:25 WIB

Dosen Unej dan Istri Meninggal Tertabrak Kereta

Keduanya tertabrak kereta usai mengunjungi pondok penghafal Alquran Ibnu Katsir.

Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (Unej) Askin (49) dan istrinya Inggar Nurcahyani meninggal dunia setelah tertabrak KA Tawangalun rute Banyuwangi-Malang. Insiden itu terjadi di pintu perlintasan tidak terjaga di Jalan Mangga, Kelurahan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (2/7).

"KA Tawangalun di KM 198+5 antara Stasiun Arjasa-Jember tertemper pengendara sepeda motor, sehingga korban mengalami luka berat," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember.

Baca Juga

Informasi yang dihimpun di lapangan, pasangan suami istri Askin dan Inggar dari pondok penghafal Al Quran Ibnu Katsir hendak menuju kampus Unej. Keduanya tidak tahu akan ada kereta api yang melintas di palang pintu yang tidak terjaga tersebut.

Kedua korban terseret sejauh 30 meter dan KA Tawangalun dengan lokomotif CC 2019901 sempat berhenti mendadak. Namun pasangan suami istri yang mengendarai sepeda motor berwarna putih itu langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Setelah pemeriksaan lokomotif dan rangkaian, maka KA Tawangalun kembali melanjutkan perjalanan dan kedua korban dibawa ke Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember," katanya.

Luqman mengatakan jumlah perlintasan sebidang jalur kereta api yang tidak dijaga di Kabupaten Jember yang terdata sebanyak 66 perlintasan dan enam perlintasan liar. Sementara yang dijaga oleh petugas KAI sebanyak 26 perlintasan dan oleh pihak lain sebanyak 13 perlintasan.

"Banyak undang-undang dan aturan pelaksanaan yang menegaskan bahwa pengguna jalan di perlintasan KA sebidang harus mengutamakan perjalanan kereta, sehingga perlintasan KA dibuat untuk mengamankan perjalanan kereta," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang akan melewati pintu perlintasan kereta api yang tidak terjaga, agar menoleh ke kanan dan ke kiri terlebih dahulu untuk melihat apakah ada kereta api yang akan melintas atau tidak di jalur rel kereta tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement