Selasa 02 Jul 2019 05:56 WIB

Pembina Al-Munawaroh Meminta Masyarakat tak Terpecah Belah

Pembina al-Munawaroh meminta masyarakat tak terpancing video wanita bawa anjing

Rep: Umi Soliha/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Video viral wanita disebut bawa anjing ke masjid.
Foto: Youtube
Video viral wanita disebut bawa anjing ke masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembina Masjid al-Munawaroh, Raodl Bahar mengimbau, masyarakat tidak terpancing dengan video yang memperlihatkan seorang wanita yang membawa anjing ke dalam Masjid. Ia juga mengatakan, masyarakat perlu waspada dengan oknum-oknum yang menggunakan masjid sebagai alat perpecahan antar umat beragama.

Pria yang biasa dipanggil abah tersebut mengungkapkan, masalah ini sudah dibawa ke jalur hukum. Sehingga, tak perlu ada aksi-aksi di luar hukum yang membuat kondisi semakin panas.

Baca Juga

"Dalam rangka menghindari kekisruhan lebih besar. Kami pihak Masjid al-Munawaroh telah menempuh jalur hukum. Kami imbau jangan terpecah belah karena masalah ini,"ujarnya kepada Republika.co.id di Masjid al-Munawaroh Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6).

Ia mengungkapkan, secara pribadi ia telah memaafkan perbuatan wanita tersebut. Namun, secara kelembagaan ia tidak bisa mewakilkan atas nama semua umat Islam menerima permintaan maaf itu.

Sebab, menurutnya masjid adalah rumah milik semua umat Islam, sehingga tidak bisa diwakilkan oleh satu orang saja. "Jangan sampai  antar umat beragama pecah gara - gara masalah ini. Kita berusaha membina kerukunan umat beragama karena negara kita bukan negara agama namun juga bukan negara sekuler,"tuturnya

Ia menjelaskan, wanita tersebut datang ke masjid karena mendengar informasi jika suaminya sedang dinikahkan di masjid tersebut. Padahal, tidak mungkin kita menilahkah orang yang sudah jelas bukan muslim, ujarnya.

"Orang Muslim yang menikah disini harus mengantongi surat pengantar nikah dari KUA. Tidak sembarangan kita terima, kita sangat selektif mengenai perizinan nikah. Kalau sudah punya izin nikah kalau mau pinjem tempat kita izinkan," kata dia.

Ia juga menyambut baik adanya tokoh perwakilan Agama Katolik yang telah meminta maaf. Namun, ia menkonfirmasi belum ada pihak dari Agama Katolik yang meminta maaf secara langsung dan mendatangi masjid. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement