Kamis 27 Jun 2019 20:21 WIB

UBSI Kampus Tasikmalaya Gelar Workshop Basis Data

Sertifikasi profisiensi merupakan instrumen penting jaminan mutu kompetensi.

Para peserta melakukan foto bersama  seusai pelaksanaan workshop.
Foto: Dok UBSI
Para peserta melakukan foto bersama seusai pelaksanaan workshop.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tasikmalaya,  Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, menggelar workshop ‘Sertifikasi Profiensi Sistem Basis Data’. Workshop itu  diadakan di Aula Kampus UBSI Tasikmalaya,  Jalan  Tanuwijaya nomor 4, Empangsari, Kecamatan Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (19/6).

Kepala Kampus UBSI Tasikmalaya, Agung Baitul Hikmah mengatakan,  workshop diikuti 124 mahasiswa dari semester 6. “Workshop ini  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja dan industri,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (27/6).

Selain itu, kata dia, workshop itu juga bertujuan untuk memberikan pembekalan mahasiswa dalam menghadapi ujian sertifikasi profiensi yang  diselenggarakan secara online pada halaman web http://ubsi.preinexus.id, Ahad (23/6).

“Dunia kerja yang kompetitif mengharuskan sumber daya manusia (SDM) memiliki keterampilan yang mumpuni. Makanya, ketika lulus, mahasiswa UBSI dibekali dengan ijazah dan sertifikat kompetensi yang menunjukkan bahwa ia kompeten,” ujar Agung.

Agung menambahkan bahwa untuk menyelanggarakan sertifikasi konpetensi ini UBSI bekerja sama dengan Preinexus. Dan sertifikasi yang diselenggarakan merupakan sertifikasi bidang keahlian basis data.

Workshop ini sebagai latihan sebelum mengikuti ujian sertifikasi kompetensi sistem basis data. Hal itu agar mahasiswa menguasai materi dan memahami pola soal-soal ujian, sehingga diharapkan mereka bisa lulus pada ujian sertifikasi nanti,” kata Agung.

Ia juga menjelaskan, sertifikasi sangat penting sebagai bukti kemampuan dan legalitas keahlian mahasiswa untuk diakui di dunia kerja.

“Mahasiswa diberikan materi mengenai sistem basis data, mulai dari konsep awal sistem basis data, bahasa query, bahasa relational, model data, entity relation diagram, normalisasi sampai dengan penjelasan basis data yang terdistribusi,” jelas Ai Ilah Warnilah selaku pemateri pada acara workshop ini.

Ai Ilah menegaskan,  pengetahuan basis data ini sangat penting, terlebih lulusan UBSI dipersiapkan untuk menjadi programmer dan harus siap kerja. Selain itu sertifikasi profisiensi adalah instrumen yang penting dalam jaminan mutu kompetensi tenaga kerja untuk memastikan dan memelihara sebuah kompetensi. Dikarenakan pentingnya sertifikasi tersebut, maka perlu mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi uji sertifikasi.

“Semoga workshop ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa sebagai persiapan uji sertifikasi dengan harapan bisa lulus sertifikasi,” tutup Ai Ilah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement