Sabtu 22 Jun 2019 17:14 WIB

Mantan KSAD: Bung Karno Mencanangkan Pancasila

Bung Karno mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
Bung Karno-Fatmawati bersepeda
Foto: blogspot
Bung Karno-Fatmawati bersepeda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) TNI Budiman menyatakan nasionalisme Proklamator RI, Bung Karno, tak usah dipertanyakan. "Beliau mencanangkan Pancasila," kata Budiman dalam diskusi yang digelar PA GMNI, Jumat (21/6) malam.

Acara itu dilaksanakan Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) dalam rangka tahlilan haul wafatnya Bung Karno. Budiman melanjutkan, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atas nama bangsa dan negara mengganjar gelar pahlawan nasional kepada Soekarno.

Baca Juga

Pernyataan itu menanggapi Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah yang bercerita soal bagaimana Bung Karno mendapat tuduhan keji sebagai pengkhianat karena dianggap mendukung pemberontakan PKI pada 1965.

Tuduhan itu tak pernah dicabut dan berimbas hingga seorang Jokowi dituduh 'PKI' dan 'Komunis' hanya karena menjadi kader PDI Perjuangan. Partai ini dipimpin Megawati Soekarnoputri, putri sulung Soekarno.

Pada kesempatan itu, Budiman juga mengungkapkan adanya pihak yang ingin merongrong Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa. Ancaman itu tak terlihat, tetapi menurut Budiman, TNI-Polri pasti akan melawannya.

"Percayalah TNI dalam Sapta Marga, sumpah prajurit itu menyatakan kesetiaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Itu merupakan pegangan pokok yang harus dipertahankan setiap prajurit TNI baik udara, darat dan laut dan polisi dengan Tribratanya," ujar Budiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement