Jumat 14 Jun 2019 00:07 WIB

Pertunjukan I La Galigo akan Ramaikan PSBM XIX

I La Galigo yang akan dipentaskan adalah versi pendeknya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla membawakan sambutan saat pembukaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XVIII 2018. Tahun ini, PSBM XIX kembali akan digelar di Makassar.
Foto: Antara/Yusran Uccang
Wakil Presiden Jusuf Kalla membawakan sambutan saat pembukaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XVIII 2018. Tahun ini, PSBM XIX kembali akan digelar di Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia pelaksana Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XIX menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) di Istana Wapres, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (13/6). Dalam pertemuan itu diungkapkan bahwa tahun ini PSBM akan diramaikan dengan pertunjukan I La Galigo. 

Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb bersama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) H M Sattar Taba adalah Panitia Pelaksana (PSBM) XIX. Rencananya acara akan digelar pada Sabtu (15/6) hingga Ahad (16/6). Mereka menemui JK untuk menyampaikan persiapan pelaksanaan acara tahunan tersebut sekaligus meminta kesediaannya membuka acara.

Baca Juga

Iqbal S Suhaeb mengatakan, pada PSBM XIX yang mengusung tema "Bersinergi Memajukan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal", dia berinisiasi akan mengisi dengan pertunjukan I La Galigo. Selain itu, panitia akan menyiapkan menu nuansa lokal, seperti coto makassar, konro, pallumara, pisang epe, buroncong, dan berbagai menu lainnya di jamuan makan malam yang akan berlangsung di Fort Rotterdam, 16 Juni nanti.

"I La Galigo akan dipentaskan meski versi pendeknya. Sekaligus sebagai persembahan terima kasih kita di akhir masa jabatan bapak Jusuf Kalla sebagai wapres," ucap Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb.

Panitia PSBM XIX melaporkan kondisi terakhir persiapan pelaksanaan PSBM yang akan diselenggarakan di Wisma Negara Makassar kawasan reklamasi Central Poin of Indonesia (CPI) di Makassar. Sattar Taba melaporkan berbagai hal dari semua unsur kepanitiaan. Selain Sattar dan Iqbal, turut menemui JK Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan yang juga sebagai Ketua Panitia Lokasi PSBM Abdul Hayat Gani, Ketua Pengarah PSBM XIX Andi Rukman Karumpa, Ketua Kadin Sulawesi Selatan Zulkarnain Arief, dan Andi Indra dari Hipmi DKI Jakarta yang mewakili saudagar milenial.

Jusuf Kalla saat ditemui menekankan pentingnya mendorong dan menumbuhkembangkan saudagar saudagar pribumi yang tercakup di dalamnya adalah saudagar Bugis Makassar. "Pengembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) juga banyak digeluti oleh saudagar Bugis Makassar, Mandar, dan Toraja," ucap JK saat berbincang dengan panitia.

Sementara, untuk kegiatan secara keseluruhan, Andi Rukman Karumpa menjelaskan bahwa para pembicara pada PSBM di antaranya Menteri PAN RB Syafruddin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Toraja Utara dan Bupati Selayar dan pengusaha Masud Darmawan dari Kalimantan yang sudah terkonfirmasi kesiapannya.

"Pariwisata menjadi tema utama PSBM, karena sektor ini merupakan salah satu sumber devisa negara terbesar," katanya. "Apalagi di Sulsel banyak potensi wisata yang bisa digarap menjadi destinasi menarik," tambah Rukman yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Kadin itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement