Jumat 24 May 2019 10:38 WIB

ACT Lepas Kapal Kemanusiaan ke Mentawai

Bantuan kapal kemanusiaan ini berupa 1500 paket sembako dan pakaian lebaran

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberangkatkan kapal kemanusiaan
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberangkatkan kapal kemanusiaan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Jumat (24/5) memimpin upacara pelepasan kapal kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang akan membawa bantuan ke Kepulauan Mentawai. Bantuan yang dibawa kapal kemanusiaan ini berupa 1500 paket yang berisi sembako dan pakaian lebaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Mentawai menjelang akhir Ramadhan sampai lebaran.

Kepala ACT Sumbar Zeng Welf mengatakan tahun ini pihaknya meningkatkan jumlah bantuan ke Mentawai. Tahun lalu mereka hanya mengirimkan 450 paket bantuan.

"Tahun lalu 450 paket. Sekarang 1500 paket. Lima truk akan berangkat  langsung ke Mentawai. 5 truk ini akan membantu menyalurkan bantuan kepada saudara kita di Mentawai. Semoga dapat membantu kebutuhan mereka dari pertengahan Ramadhan sampai lebaran nanti," kata Zeng saat acara acara pelepasan di Pelabuhan Bungus, Kota Padang, Jumat (24/5).

Zeng menjelaskan bantuan yang mereka bawa berupa sembako yang terdiri dari beras minyak goreng, gula, kudapan, kue hari raya, mukena.

Wagub Sumbar mengapresiasi kepedulliaan ACT terhadap Kepulauan Mentawai yang berstatus daerah terluar Sumbar. Menurut Nasrul, Mentawai yang sudah 18 tahun menjadi kabupaten masih harus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak agar bisa terus berkembang.

Ia berharap bantuan yang dikirimkan oleh ACT ini bia langsung sampai ke masyarakat yang membutuhkan.

"Ini bentuk persaudaraan kita dengan masyarakat Mentawai. Mari sama-sama kita bantu pengembangan Mentawai," ujar Nasrul.

Selain memimpin acara pelepasan kapal kemanusiaan ini, Nasrul juga menyerahkan bantuan berupa 80 Alquran untuk diserahkan ACT kepada masyarakat Mentawai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement