Kamis 16 May 2019 06:47 WIB

Jokowi Segera Umumkan Pansel KPK

Nama anggota pansel calon pimpinan KPK masih dalam tahap penggodokan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
KPK
Foto: Republika
KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan sejumlah nama anggota Panitia Seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam waktu dekat ini. Jokowi mengungkapkan nama-nama tersebut akan disampaikan paling lambat lusa.

"Nanti kalau sudah diumumkan silakan dibaca. Sehari dua hari inilah kita umumkan," kata Jokowi usai menghadiri kegiatan buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (Oso), Rabu (15/5).

Sebelumnya Jokowi juga menyampaikan akan segera memutuskan nama anggota pansel calon pimpinan KPK pada pekan ini. Menurutnya, saat ini nama-nama anggota pansel calon pimpinan KPK masih dalam tahap penggodokan.

"Pansel KPK Insya Allah minggu ini sudah ditanda-tangani. Baru digodog, banyak nama sudah masuk dan tinggal kita putuskan," ujar Jokowi usai menghadiri acara buka bersama di rumah dinas Ketua DPR, Jakarta, Senin (13/5) lalu.

Ia menyebut, nama anggota pansel calon KPK yang telah dikantonginya berasal dari berbagai pihak, baik dari akademisi, Non Government Organization (NGO), pemerintah, dan juga lainnya.

"Dari banyak kita. Satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu satu persatu kita lihat ya minggu ini kita akan tandatangani," ungkapnya.

Sementara itu ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa pansel calon pimpinan KPK telah ditandatangani. Ia meminta semua pihak untuk menunggu Presiden mengumumkan nama-nama tersebut.

"Kita tunggu saja, kemarin kita dengar ada dari berbagai macam sumber. Ada dari pemerintah, NGO, kepolisian ya kita tunggu saja," tutur pria yang akrab disapa Bamsoet itu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement