Jumat 10 May 2019 17:32 WIB

Purbalingga Tuan Rumah Jambore Pokdarwis Tingkat Jateng

Di Jateng saat ini terdapat 224 desa wisata.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Warga saat memanen sayuran di Desa Wisata dan Budaya (Deswitadaya) Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (26/4).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga saat memanen sayuran di Desa Wisata dan Budaya (Deswitadaya) Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Sebanyak 35 perwakilan anggota Pokdarwis (Kelompok Sadar Widata) di Jawa Tengah akan mengikuti Jambore Pokdarwis ke-16 tingkat Jateng di Purbalingga. Rencananya, Jambore Pokdarwis ini akan digelar di Desa Wisata Serang Kecamatan Karangreja.

"Selama tiga hari, 26-28 Juli 2019,'' kata Kepala Dinas Pemuda Olah Raga & Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinung Nugroho Rahmadi di Purbalingga, Jumat (10/5).

Dia menyatakan, di Jateng saat ini terdapat 224 desa wisata yang memiliki kearifan lokal masing-masing. Dari desa wisata sebanyak itu, jumlah pokdarwisnya tercatat sebanyak 560 kelompok.

Dengan jumlah desa wisata dan pokdarwis yang terus berkembang, Pemprov Jateng perlu memberikan apresiasi dan pembinaan yang terus menerus.

''Melalui Jambore pokdarwis, para pelaku wisata diharapkan semakin sadar pentingnya sapta pesona sadar wisata. Dengan jambore, diharapkan juga terjalin jejaring pemasaran desa wisata,'' katanya.

Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, menyambut baik gelaran Jambore Pokdarwis tingkat Jateng yang dipusatkan di Purbalingga. Dengan adanya ribuan tamu, diharapkan bisa menjadi sarana promosi wisata Purbalingga serta menggerakkan ekonomi masyarakat. 

''Tempat wisata yang menjadi lokasi jambore, paling tidak akan mendapat dampak ekonomi yang positif. Begitu juga dengan penginapan di homestay atau bahkan di wilayah kota Purbalingga,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement