Senin 06 May 2019 23:29 WIB

Jokowi-Ma'ruf Menang di Pemilu Los Angeles dan Seoul

Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di dua negara itu jauh melebihi Prabowo-Sandiaga Uno.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas memeriksa kertas suara pada rekapitulasi tingkat kecamatan di Kantor Kecamatan Tatanga, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (26/4/2019).
Foto: Antara/Basri Marzuki
Petugas memeriksa kertas suara pada rekapitulasi tingkat kecamatan di Kantor Kecamatan Tatanga, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (26/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paslon capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, unggul di pemilu yang diadakan di Seoul dan Los Angeles. Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di dua negara itu jauh melebihi Prabowo-Sandiaga Uno.

"Perolehan paslon 01 sebanyak 7.094 suara dan perolehan pasangan calon 02 sebanyak 2.297 suara," kata Ketua Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) Seoul, Huda Ulinuha saat membacakan hasil rekapitulasi di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

Baca Juga

Di Seoul, tercatat ada 30.287 WNI yang terdaftar sebagai pemilih. Namun WNI yang menggunakan hak pilih hanya 7.187 orang. Dari 7.187 suara yang masuk, 94 di antaranya dinyatakan tidak sah.

Selain di PPLN Seoul, pasangan Jokowi-Ma'ruf juga memperoleh kemenangan di Los Angeles. Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di Los Angeles terpaut cukup jauh dari perolehan suara Prabowo-Sandi.

"Perolehan suara paslon Jokowi-Ma'ruf 4.270 dan perolehan paslon Prabowo-Sandiaga 316," kata Ketua PPLN Los Angeles, Metta Surya.

Dia mengungkapkan pemungutan suara di Los Angeles diikuti oleh 4.847 pemilih. Jumlah itu tidak sampai setengah dari total 13.551 WNI yang terdaftar dalam daftar pemilih.

Dari 4.847 suara yang masuk, 261 di antaranya dinyatakan tidak sah. Pemungutan suara di Los Angeles menggunakan metode pos dan metode TPS Luar Negeri (TPS LN).

Sebagaimana diketahui, paslon Jokowi-Ma'ruf sejauh ini unggul di PPLN Washington DC, PPLN Singapura, PPLN Hong Kong, dan PPLN Melbourne. Sementara Pasangan Prabowo-Sandi unggul di PPLN Karachi, PPLN Abu Dhabi, dan PPLN Jeddah.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement