Selasa 30 Apr 2019 21:10 WIB

Pemprov Sumbar Sumbang Rendang untuk Bencana Bengkulu

Sebanyak 1 ton masakan rendang disumbangkan kepada warga Bengkulu

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Foto udara kawasan terdampak banjir di perumahan kawasan Balai kota, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019).
Foto: Antara/David Muharmansyah
Foto udara kawasan terdampak banjir di perumahan kawasan Balai kota, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menginisiasi pengumpulan sebanyak 1 ton masakan rendang untuk disumbangkan kepada warga Bengkulu yang terdampak bencana banjir . Hingga saat ini instansi yang berada di bawah pemerintahan provinsi Sumbar sudah berlomba-lomba untuk mendaftarkan jumlah sumbangan rendang dan ada juga yang sudah mengumpulkan rendang ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar di Kota Padang.

"Sehari setelah instruksi dari Gubernur sampai sore ini sudah ada 150 kg rendang yang terkumpul, yang lainnya akan terus menyusul," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur, Selasa (30/4).

Rumainur membeberkan daftar nama dan instansi yang ikut menyumbangkan rendang buat korban bencana banjir Bengkulu. Gubernur Irwan Prayitno menyumbang rendang 10 kg. Wagub Nasrul Abit menyumbang 10 kg. Dispora, Dinas Pariwisata, Dinas ESDM, BPBD Dinas PMD, Dinas Kominfo, Dins Perindag, Dinsos dan lain-lain menyumbang masing-masing 10 kg rendang. Dinas yang jumlah rendang paling besar menyumbang adalah Dinas Kelautan dan Perikanan yakni 30 kg. Rumainur menjelaskan waktu paling lambat mengumpulkan rendang ini sampai Kamis (2/5) nanti supaya bantuan ini lebih cepat disalurkan ke korban banjir Bengkulu.

Dalam pengumpulan bantuan rendang ini, diharapkan sudah terbungkus masing-masing satu bungkus seberat setengah kg. Supaya bungkusan rendang tidak dibuka lagi sampai diberikan ke warga. 

Sebelumnya Gubernur Sumbar mengistruksikan pengumpulan bantuan rendang satu ton ini kepada instansi yang ada di bawahnya. Tapi biasanya kata dia pengumpulan bantuan ini juga berasal dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumbar yang tergugah ingin berbagi kepada saudara yang tertimpa bencana.

Bantuan berupa rendang ini juga pernah dilakukan Sumbar untuk korban gempa Aceh, gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, gempa NTB dan tsunami Selat Sunda di Lampung dan Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement