Ahad 28 Apr 2019 14:22 WIB

Ketua DPR Minta Daerah Siaga Hadapi Kondisi Alam Ekstrem

Bamsoet juga meminta BPBD waspada akan perubahan cuaca dalam beberapa hari ke depan.

Rep: Fauziah Mursid / Red: Ratna Puspita
Foto udara kawasan terdampak banjir di perumahan kawasan Balai kota, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019).
Foto: Antara/David Muharmansyah
Foto udara kawasan terdampak banjir di perumahan kawasan Balai kota, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Bambang Soesatyo mengimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di semua daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan guna merespons kondisi alam yang meningkat cukup ekstrem. Ia juga meminta BPBD segera mengonsolidasikan penanganan dengan pemerintah daerah setempat untuk penanganan warga yang terkena dampak, khususnya banjir.

"Kesiapsiagaan aparat BPBD sangat diperlukan agar mampu memberi pertolongan pertama kepada warga yang terdampak banjir," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Ahad (28/4).

Baca Juga

Bamsoet, sapaan akrabnya, mengatakan musibah banjir terjadi di sejumlah daerah. Selain di Jakarta, bencana banjir juga melanda dua kelurahan di Tanjungpandang, Kabupaten Belitung. Sedangkan di provinsi Bengkulu dan Pemalang di Jawa Tengah, terjadi banjir bandang yang menelan korban jiwa.

Bamsoet juga meminta BPBD waspada akan perubahan cuaca dalam beberapa hari ke depan. "Petugas BPBD disarankan untuk menyimak perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," ujar Bamsoet.

photo
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Republika/Arif Satrio Nugroho)

Ia juga menyoroti, peristiwa gempa bumi yang terjadi di Bengkulu, kabupaten Puncak dan Manokwari di Papua, serta Banggai Kepulauan di Sulawesi sepanjang akhir pekan lalu. Kendati rententan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, aparat BPBD diminta tetap waspada dan siaga.  

Selain itu, Ketua DPR juga berharap pemerintah daerah memberi perhatian khusus kepada warga yang terpaksa tinggal di pengungsian akibat banjir. Selain makanan, warga yang mengungsi butuh air bersih, selimut hingga obat-obatan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement