Ahad 28 Apr 2019 14:02 WIB

Kapolda: Ada Tiga Kasus Menonjol Selama Pemilu di Papua

Martuani juga menyampaikan salam perpisahan karena akan digantikan pekan depan.

Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin.
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin mengatakan ada tiga kasus menonjol selama pelaksanaan pemilu presiden dan legislatif di daerah itu. Tiga kasus, yaitu pembakaran Kantor Distrik di Tolikara, perkelahian calon legislatif, dan terakhir keterlambatan melaksanakan pemilu di Kota Jayapura.

Menurut dia, kasus tersebut telah menjadi perhatian dari pihaknya dan para penyelenggara untuk segera ditangani. Dengan harapan, agar warga tidak ikut terprovokasi oleh informasi yang belum tentu benar.

Baca Juga

"Saya berharap seluruh jemaat GKI Pneil jangan terlibat dalam penyebar hoaks, imbauan saya jadilah umat yang baik dan jadilah garam dalam terangnya dunia," katanya dalam sambutan di hadapan jemaat GKI Pniel Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Ahad (28/4).

Pada momentum itu, Martuani mengikuti ibadah yang dipimpin oleh Pdt Johanis R Leleuly. Ia juga menyampaikan permohonan diri dalam melaksanakan tugas di Papua. Sebab, ia mengatakan, pekan depan akan dilakukan serah terima jabatan kapolda Papua.

"Pengabdian saya di tanah Papua ini kurang lebih 8 bulan, saya akan digantikan oleh Bapak Kapolda Papua Barat, Pak Albert Rodja. Saya baru pertama kali saya beribadah di tempat ini dan mungkin untuk terakhir kalinya juga. bapak, ibu yang saya kasihi bukan saya tidak mau mampir ke sini namun kehadiran saya di tempat lain lebih bermanfaat, saya mengunjungi saudara-saudara kita di Jayapura dengan kasih," ujarnya.

Dia mengatakan puncak dari segala kegiatan Pilpres dan Pileg 2019 kontestasinya ada di Jakarta. Yang terlibat dalam kontestasi ini ada yang menerima dan ada menolak dengan segala dinamika.

"Berbagai ancaman sudah di tebar, berbagai penciptaan kondisikan sudah dilakukan, untuk itulah saya dibutuhkan di Jakarta. Atas bantuan bapak ibu sekalian, doa para tokoh rangkaian pemilu di tanah Papua berjalan aman dan tertib walaupun masih ada kelemahan-kelemahan seperti viral di medsos itu adalah hoaks," katanya.

Dia mengatakan tantangan terbesar di Papua adalah masalah-masalah sosial di antaranya narkotika dan minuman keras. "Inilah pembunuh generasi Papua ke depan. Selain itu ada juga masalah penyakit AIDS dan permasalahan rumah tangga yang belum di berkati di gereja. Bapak ibu sekalian kehadiran saya hadir disini untuk memberikan semangat dan motivasi kita semua," katanya.

"Terima kasih, mohon doa restu kepada bapak ibu sekalian minggu ini kami akan melaksanakan serah terima di Jakarta. Menjadi kehormatan dan kebanggaan saya tugas dan mengabdi di tanah besar ini dan saya telah memberikan yang terbaik untuk seluruh tanah Papua tercinta," katanya lagi.

Pada kesempatan itu, mantan kadiv Propam Mabes Polri itu didampaingi Ny Risma Martuani, Kasat Brimob Polda Papua Kombes Pol Jeremias Rontini dan Kapolsekta Abepura AKP Clif Duwith. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement