Kamis 25 Apr 2019 18:26 WIB

Sukabumi Jadi Salah Satu Kota Terkreatif di Jawa Barat

Sukabumi jadi satu dari lima kota terkreatif di Jawa Barat

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi menjadi salah satu daerah terkreatif di Jawa Barat. Rencananya penghargaan ini akan diberikan pada 2 Mei 2019 mendatang.

‘’Pada 2 Mei nanti, Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan satu dari lima kota terkreatif di Jabar,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan Kamis (25/4).

Ia mengatakan penghargaan itu diberikan karena jumlah pelaku ekonomi kreatif di Sukabumi cukup banyak. Tercatat ada 123 lembaga kreatif di Sukabumi. Tak hanya itu, prestasi pelaku ekonomi kreatif asal Sukabumi juga cukup membanggakan. Contohnya pelaku seni mural atau menggambar di atas media dinding. Pelaku seni yang masih pelajar SMA itu menjadi juara dalam perlombaan di Inggris. Mereka mendapatkan proyek membuat taman-taman kota di Inggis dengan desain dari mereka. Hal ini lanjut Fahmi menjadi sebuah prestasi yang harus terus dijaga dan dikembangkan.

Pemkot pun akan memfasilitasi kreatifitas masyarakat dengan membangun Sukabumi Creative Hub  (SCH) pada 2020. Nantinya lokasi itu menjadi tempat berkumpul pelaku ekonomi, seni dan budaya dari generasi muda.

‘’Pembangunan SCH di lahan seluas 3 hektare,’’ ujar Fahmi.

Targetnya ungkap Fahmi, pelaku kreatif di Sukabumi akan terus berkembang dengan hadirnya SCH. Terutama ditujukan kepada generasi muda agar dapat menyalurkan bakatnya.

Sebelumnya, pemerintah daerah bersama dengan komunitas dan insan kreatif di Sukabumi menggagas Sukabumi Creative Hub. Wadah tersebut nantinya menjadi media untuk pengembangan komunitas kreatif yang ada di Sukabumi.

Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan (Litbang) Bappeda Kota Sukabumi Eneng Rahmi menerangkan, pembentukan Sukabumi Creative Hub ini juga melibatkan kalangan akademisi, pelaku bisnis, aparat pemerintah dan media. Sehingga nantinya bisa menghasilkan roadmap dalam pengembangan program kreatif di Sukabumi.

Rahmi menerangkan, saat ini ada sejumlah bidang kreatif yang akan jadi pengembangan di Sukabumi. Diantaranya film animasi, seni pertunjukkan, fotografi, musik, dan desain komuniksi visual.

Rahmi menambahkan, dalam pengembangan Sukabumi Creative Hub pemkot berperan dalam menyalurkan pelaku kreatif ke dunia bisnis dan promosi. Hal ini menjadi dorongan agar pelaku kreatif bisa terus mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement