Rabu 24 Apr 2019 00:23 WIB

Personel Brimob Bermalam di Lantai 6 Pasar Pagi Mangga Dua

Penyiagaan personel Brimob sebagai antisipasi gangguan kamtibmas pascapemilu.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Andri Saubani
Sejumlah Korps Brigade Mobil (Brimob) nampak berjaga di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Selasa (23/4).
Foto: Republika/Nugroho Habibi
Sejumlah Korps Brigade Mobil (Brimob) nampak berjaga di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Selasa (23/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah anggota Korps Brimob diketahui melakukan pengamanan di beberapa pusat perbelanjaan di kawasan Mangga Dua Jakarta, Namun, pada Selasa (23/4) mereka tidak terlihat berjaga di Pasar Pagi Mangga Dua.

Saat Republika.co.id mencoba menelusuri, sekitar 30 pasukan Brimob ternyata sedang beristirahat di lantai 6. Mayoritas sedang bersantai dan berbincang.

Baca Juga

"Kenapa sampai ke sini? Kalau mau tanya sesuatu tanya ke Kapolek," kata seorang komandan Brimob yang enggan disebut namanya itu.

Sementara, anggota Brimob lainnya menanyakan bagaimana bisa sampai mengetahui keberadaan mereka di lantai enam. "Dikasih tahu siapa? Satpam di bawah" Dilarang mengambil foto!" bentaknya sambil meminta KTP wartawan.

Pasukan Brimob pun meminta agar wartawan segera meninggalkan lokasi tanpa memberi keterangan. "Sudah ya, silakan tanya yang lain," katanya.

Sementara, Petugas Gedung Pasar Pagi Mangga Dua, Surya Pratama mengaku telah mengetahui Brimob berjaga di sekitar lokasi sejak Pemilu 17 April 2019. Menurutnya, anggota Brimob sudah biasa berjaga di tempat tersebut.

"Kalau awal (17 April) itu dari Polda sendiri, tapi kalau yang bermalam di atas (lantai 6) saya kurang tahu," katanya.

Dia menjelaskan, Brimob yang telah bermalam di Gedung Pasar Pagi Mangga Dua sudah beberapa hari. Ia pun menjelaskan, mereka selalu berjaga siang dan malam.

"Nanti biasanya malam-malam mereka itu keliling disekitar gedung, trus kalo pagi itu mereka jaga di pintu utama sampai sore," katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Dhonny Carles, menyatakan, pengiriman pasukan Brimob ke Jakarta dalam rangka pengamanan pascapemilihan bukanlah hal baru. Pada pemilihan sebelum-sebelumnya pun dilakukan hal yang sama, mengirimkan perbantuan pasukan dari daerah ke Jakarta.

“Polda Kalbar mengirimkan 2 SSK (200) Brimob ke Jakarta, sudah rutin dilaksanakan pascapemilu, saat Pilgub DKI pun dilakukan hal yang sama,” ujarnya saat dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa.

Pasukan Brimob, kata Dhonny, akan ditempatkan pada titik tertentu di Jakarta. Brimob Polda Kalbar akan ditempatkan di WTC Mangga Dua, ITC Mangga Dua, dan Pasar Pagi Mangga Dua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement