Selasa 16 Apr 2019 21:36 WIB

Anies Baswedan Capres Terkuat 2024

Anies mengungguli Ridwan Kamil, AHY, Sandi, dan Ganjar

Survei Indpol
Foto: Istimewa
Survei Indpol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Indopol Survey and Consulting merilis hasil survey nasional. Riset tersebut dilakukan pada 5 sampai 11 April 2019.

Hasilnya, menurut responden, tokoh muda paling potensial menjadi pemimpin nasional masa depan (2024) adalah Anies Bawesdan (17,3%), Ridwan Kamil (14,7%), Sandiaga Uno (14,2%), Ganjar Pranowo (9,2%), dan Agus Harimurti  (3,8%). Sedangkan sisanya yakni 48,8% terdistribusi ke sejumlah tokoh lain. 

“Hasil survei ini menggambarkan kandidat Capres tahun 2024 tersebut akan didominasi oleh tokoh muda. Artinya akan ada regenerasi kepemimpinan bangsa yang diharapkan membawa dampak perubahan di Indonesia.”

Demikian jelas Direktur Eksekutif Indopol Survey & Consulting, Ratno Sulistiyanto di Jakarta, (15/4) sore.

Ratno menjelaskan, pihaknya melakukan metode survei dengan bersumber dari survei pendapat masyarakat dengan instrumen kuesioner. Pengambilan sampel dengan cara multistage random sampling dimana jumlah responden tiap provinsi di Indonesia diambil secara proporsional berdasarkan jumlah DPT Pilpres 2019. 

Penentuan responden sendiri dilakukan secara random sistematis. Kriteria responden adalah mereka yang berumur 17 tahun atau sudah menikah. Responden berjumlah 1.450 orang dengan margin error ±2.6% dan tingkat kepercayaan 95% (Slovin). Komposisi responden juga merefleksikan laki-laki/perempuan dan berbagai jenis profesi. Sedangkan metode wawancara yang dilakukan adalah secara tatap muka (face to face interview).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement