Ahad 14 Apr 2019 19:55 WIB

Alun-Alun Sukabumi akan Dibangun Lebih Megah

Jabar akan mengucurkan Rp 17 M untuk membangun Alun-Alun dan Lapang Merdeka.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah
Lapang Merdeka Sukabumi.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Lapang Merdeka Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Alun-lun dan Lapang Merdeka Kota Sukabumi akan dibangun lebih megah tahun ini. Rencananya dana pembangunan untuk pembangunan sarana tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Tahun ini Lapang Merdeka dan alun-alun akan dibangun menjadi yang terbaik di Jabar,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Ahad (14/4).

Baca Juga

Gubernur Jawa Barat akan mengucurkan bantuan Rp 17 miliar untuk membangun alun-alun dan Lapang Merdeka.

Sarana tersebut akan lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Perhatian pada sarana ini karena sedang menggencarkan penataan kawasan kota. Pemkot ingin memperhatikan sarana ruang terbuka publik atau taman terbuka hijau.

photo
Alun-alun Sukabumi. Foto: Republika/Riga Nurul Iman

Harapannya, warga bisa menjadi lebih nyaman untuk berkumpul. Selain alun-alun dan Lapangan Merdeka, pemkot juga akan menata Jalan Ir Djuanda atau Dago yang lokasinya berada di depan Balai Kota Sukabumi. Kawasan tersebut pun akan didesain untuk memberikan kenyamanan bagi warga untuk berkumpul.

Di sisi lain Pemkot Sukabumi juga menata trotoar agar lebih nyaman bagi pejalan kaki. Targetnya trotoar terbebas dari keberadaan kendaraan yang parkir sembarangan maupun pedagang kaki lima (PKL). Terlebih pemerintah telah selesai membangun trotoar di sejumlah ruas jalan.

Ada lima titik lokasi pembangunan trotoar yakni Jalan Siliwangi, Jalan Suryakencana, Jalan R Syamsudin SH, Jalan RE Martadinata, dan Jalan Gudang. Trotoar ini lanjut Fahmi, dibuat lebih humanis untuk para pejalan kaki dan kaum difabel. Sehingga warga bisa menggunakan sarana tersebut dengan nyaman.

Fahmi menerangkan, selesainya pembangunan trotoar ini dibarengi dengan kampanye trotoar hanya khusus untuk pejalan kaki. Sebabnya selama ini trotoar seringkali digunakan untuk kepentingan di luar pejalan kaki seperti tempat PKL berjualan dan parkir kendaraan.n riga nurul iman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement