Jumat 05 Apr 2019 17:09 WIB

PT KAI Daop 5 Operasikan Empat KA Tambahan Lebaran

Total kursi yang disiapkan untuk lebaran mencapai 5.208 kursi per hari.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Friska Yolanda
Tiket Lebaran: Seorang calon penumpang menunjukkan tiket kereta lebaran tujuan Solo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).
Foto: Antara/Katriana
Tiket Lebaran: Seorang calon penumpang menunjukkan tiket kereta lebaran tujuan Solo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada lebaran tahun 2019 ini PT KAI akan mengoperasikan sejumlah KA tambahan. PT KAI Daop 5 Purwokerto mendapat alokasi pengoperasian empat rangkaian KA tambahan lebaran.

"Keempat KA tambahan lebaran yang kita operasikan, terdiri dari KA Kutojaya Selatan  Lebaran dengan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, Kutojaya Utara Lebaran relasi Pasar Senen-Kutoarjo, KA Purwojaya Lebaran dengan relasi Gambir-Cilacap, dan KA Sawunggalih dengan relasi Pasar Senen-Kutoarjo," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Jumat (5/4).

Baca Juga

Dia menyebutkan, dengan penambahan empat KA tambahan lebaran, maka jumlah tambahan kursi penumpang yang disiapkan, mencapai 5.208 kursi per hari. Namun dia menyebutkan, khusus untuk calon penumpang dari dan menuju stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto, juga ada sembilan KA lain yang bisa digunakan. 

"KA tersebut dioperasikan oleh PT KAI Daop lain, namun rute perjalanannya melintas dan berhenti di stasiun-stasiun yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto," katanya.  

Kesembilan KA tersebut, terdiri dari KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo-Gambir, KA Argo Lawu Fakultatif relasi Gambir-Solo, KA Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang, KA Lodaya Lebaran relasi Bandung-Solo, KA Mataram Lebaran relasi Pasar Senen-Lempuyangan, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, KA Taksaka Malam Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta, dan Taksaka Pagi dengan relasi Yogyakarta-Gambir.

"Seluruh KA tambahan lebaran yang melintas di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto tersebut, memiliki kapasitas penumpang 9.432 kursi per hari. Dengan demikian, bila ditambah kapasitas KA yang dioperasikan Daop 5 Purwokerto, ada penambahan kapasitas sebanyak 14.649 kursi per hari," jelasnya.

KA tambahan lebaran tersebut akan dioperasikan mulai H-10 sebelum lebaran hingga H+10 lebaran. Namun khusus KA fakultatif, akan dioperasikan sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk pemesanan tiket, Supriyanto menyebutkan, tiket KA tambahan lebaran tersebut akan mulai dijual pada 6 April 2018 pukul 00.01 WIB. "Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui gerai resmi penjualan tiket KAI, maupun melalui aplikasi KAI Access dan website kai.id," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement