Selasa 02 Apr 2019 17:18 WIB

PKS Bantah TGB, Zulkieflimansyah Tetap Dukung Prabowo

Nasir Djamil menilai tak mungkin Zulkieflimansyah memberi dukungan ke Jokowi.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah
Foto: Republika
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar pindahnya dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah ke Jokowi dibantah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) DPP PKS Al Muzzammil Yusuf mengatakan kabar pindah dukungan Zulkieflimansyah adalah tidak benar.

"Gak benar itu. Gubernur Zulkieflimansyah sebagai kader PKS tetap ikut arahan DPP PKS," tegas Al Muzammil Yusuf kepada wartawan, Selasa (2/4).

Baca Juga

Ketua Fraksi PKS di DPR ini memastikan dukungan Gubernur NTB yang juga kader PKS tetap ke Prabowo. Soal pernyataan yang dilemparkan Tuan Guru Bajang (TGB) mantan Gubernur NTB yang juga tim pemenangan Jokowi, dia anggap tidak benar. "Kita tahu dari Zul, dia ke Prabowo," ujar Al Muzammil.

Soal klaim TGB tersebut, menurutnya mungkin itu lebih soal dukungan Gubernur NTB terkait penanganan pemulihan bencana gempa di Lombok. Demi menyuarakan suara masyarakat untuk pemulihan pascabencana. Jadi bentuknya, lanjut dia, kerja sama pemulihan bencana antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi. "Tapi kalau dukungan politik ya tetap ke Prabowo. Jadi gak benar soal Zulkieflimansyah dukung Jokowi," kata dia.

Hal senada disampaikan salah satu Ketua DPP PKS, Muhammad Nasir Djamil. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS ini mengatakan tidak mungkin Zulkieflimansyah yang juga Gubernur NTB itu memberi dukungan ke Jokowi. Ia paham betul karakter kader PKS seperti Zulkieflimansyah.

"Tidak mungkin Zulkieflimansyah itu seperti politisi 'kacang yang lupa kulitnya'," kata Nasir Djamil kepada wartawan. Karena yang menjadikan Zulkieflimansyah duduk di Gubernur NTB itu PKS dan Partai Demokrat, dan kedua partai ini berada di Koalisi Adil Makmur.

Karena itu kalau ada isu soal Zulkieflimansyah mendukung Jokowi, apalagi isu itu disampaikan oleh mantan Gubernur NTB TGB, bukan oleh yang bersangkutan, tentu hal itu tidak benar. Nasir melihat bisa jadi isu ini dilemparkan TGB untuk membuat DPP PKS berperasangka tidak baik, dan ingin membuat keretakan di internal PKS.

"Setahu kami tidak ada perkataan langsung dari Pak Zulkieflimansyah, soal dia mendukung Jokowi, kecuali yang menyampaikan itu adalah TGB. Jadi kami masih yakin beliau tetap mendukung Prabowo," jelasnya.

Sebelumnya saat menghadiri kampanye calon wakil presiden (cawapres) 02 di Selong, Lombok Timur, Selasa (2/4), TGB Muhammad Zainul Majdi menyebut Gubernur NTB saat ini Zulkieflimansyah yang juga kader PKS akan mendukung Jokowi-KH Maruf Amin.

Meski Gubernur Zulkieflimansyah tidak hadir, TGB meyakini komitmen Zulkieflimansyah dalam mendukung kemenangan Jokowi-Amin di NTB. "Saya yakin walau beliau tidak hadir, semangat dan komitmen beliau akan tetap kokoh dan kuat bersama untuk mendukung Pak Jokowi-Amin," kata TGB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement