Advertisement

Flashmob WNI di Belanda untuk Dukung Jokowi-Maruf

Senin 01 Apr 2019 18:02 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

Flashmob digagas oleh PAIJO-PAIMIN : Eropa pilih Jokowi - Eropa pilih Amin

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM --  Sekitar 250 WNI di Belanda pendukung pasangan calon Presiden nomor urut 01 pada Pemilu 2019 yang tergabung dalam komunitas PAIJO (Eropa Pilih Jokowi)- PAIMIN (Eropa Pilih Amin) berkumpul di Museumplein, Amsterdam, Ahad (31/3), mereka melakukan kegiatan tarian bersama (flashmob) yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Cuaca pagi hari di Amsterdam yang mendung dan berangin tidak menghalangi niat para PAIJO dan PAIMIN, pendukung pasangan calon nomor urut 01, yang datang dari segala penjuru Belanda untuk berkumpul di halaman pelataran Museumplein Amsterdam. Pada siang harinya, cuaca menjadi semakin bersahabat, langit biru dan cerah tak lagi mendung membuat para peserta semakin bersemangat dalam melakukan flashmob. Mereka kompak menggunakan setelan baju atasan putih, jilbab putih bagi yang berjilbab, dan bawahan celana jeans, dipadukan dengan pernak-pernik peunutup kepala khas Indonesia seperti udeng, blangkon, dan songkok serta kain khas Nusantara seperti batik, sarung tenun ikat, dan ulos.

Acara yang digagas oleh Lestari Wiji dan Evelyn Silitonga ini, dua aktivis yang memimpin dua organisasi relawan Jokowi yang berbeda, akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis pengunjung Museumplein. Secara bergerombol para turis menyaksikan, mendokumentasikan dan bahkan turut berjoget dengan iringan lagu-lagu Pilih Jokowi, Meraih Kemenangan dan dipuncaki dengan Goyang Jempol karya Marzuki Muhammad atau biasa dikenal dengan nama Kill the DJ.

Mereka juga optimis bahwa kegiatan flashmob PAIJO-PAIMIN ini mampu menghimpun WNI di Belanda untuk berada di garda terdepan dalam hal berpolitik secara riang gembira dan berpesta demokrasi dengan merayakan keberagaman penuh sukacita.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA