Ahad 31 Mar 2019 21:01 WIB

Gempa Tektonik Guncang Ruteng

Gempa bumi yang terjadi jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi tektonik berkekuatan 3,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT). "Gempa tersebut terjadi pada pukul 16.30.26 WITA dan dirasakan di wilayah Ruteng dalam skala intensitas II-III Modified Mercalli Intensity (MMI)," kata Kepala BMKG Kampung Baru Kupang, Robert Owen Wahyu, di Kupang, Ahad (31/3).

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,69 LS dan 120,56 BT. Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Laut Borong, NTT pada kedalaman 10 km.

Baca Juga

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan lokal. Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Ruteng II-III MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement