Selasa 26 Mar 2019 00:44 WIB

KPU Tetapkan 9 Panelis Debat Capres

Panelis akan menggelar FGD pada Rabu (27/3).

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Dwi Murdaningsih
Capres No 01 Joko Widodo dan Capres No 02 Prabowo Subianto usai debat kedua calon presiden pemilu 2019, Jakarta, Ahad (17/2).
Foto: Republika/Prayogi
Capres No 01 Joko Widodo dan Capres No 02 Prabowo Subianto usai debat kedua calon presiden pemilu 2019, Jakarta, Ahad (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komisi Pemilihan Umum (KPU),  memutuskan jumlah panelis debat capres atau debat keempat Pemilu 2019 sebanyak sembilan orang. Kesembilan orang tersebut terdiri dari akademisi dan praktisi yang memiliki latar belakang keilmuan sebagaimana tema debat keempat.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan panelis debat keempat telah ditetapkan pada Senin (25/3). "Terkait dengan panelis sekarang sudah ada panelis yang sudah dipilih," ujar Wahyu di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Dalam waktu dekat, KPU akan menggelar focus group discussion (FGD) dengan kesembilan panelis ini. Selain itu, sejumlah pihak terkait pun akan diundang dalam FGD.

Hal ini dilakukan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan para panelis dalam menyusun soal untuk debat mendatang. "Insyaallah KPU akan melakukan FGD  Rabu (27/3)," ujar Wahyu .

Sebagaimana diketahui, debat keempat  nanti akan kembali mempertemukan antara capres Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto. Debat akan diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Ahad (30/3).

Adapun tema debat keempat adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat keempat Pilpres ini akan disiarkan secara langsung oleh Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Berikut Ini adalah nama-nama panelis debat Pilpres keempat sesuai dengan bidang keahliannya :

Ideologi

- Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga)

- Dr J Haryatmoko SJ (Akademisi/pengajar fakultas teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)

Pemerintahan

- Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada)

- Dr Valina Singka Subekti M Si (Akademisi/pengajar departemen ilmu politik, Fisip UI)

- Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparency International Indonesia)

Pertahanan dan Keamanan

- Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial)

- Dr Ir Apolo Safanpo ST MT (Rektor Universitas Cenderawasih)

Hubungan Internasional

- Drs I Basis Eko Soesilo MA (Akademisi/Pengajar HI Fisip Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS)

- Dr Kusnanto Anggoro (Akademisi/Pengajar Fisip UI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement