Rabu 13 Mar 2019 16:36 WIB

Pekalongan akan Bangun Objek Wisata di Tanggul Raksasa

Tanggul tidak hanya berfungsi sebagai penahan rob.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Tanggul penahan rob (ilustrasi)
Tanggul penahan rob (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAJEN -- Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mewacanakan tanggul raksasa yang saat ini sedang dibangun di pesisir utara wilayahnya, tidak hanya berfungsi sebagai penahan rob. Tanggul ini diharapkan juga akan menjadi objek wisata yang menarik kunjungan wisatawan.

''Di tengah tanggul raksasa tersebut, nantinya ada parit selebaran 30 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter lebih. Parit ini nantinya akan kita manfaatkan sebagai objek wisata air. Konsepnya seperti apa, nanti kita bahas lebih mendalam,'' kata dia, Rabu (13/3).

Baca Juga

Dia menyebutkan, objek tanggul raksasa ini, meski tanpa ada polesan apa pun, sebenarnya sudah menarik untuk dikunjungi. Hal ini mengingat panjang dan besarnya tanggul yang dibangun.

''Panjang keseluruhan tanggul ini mencapai 14 km. Sepanjang 10 kilometer terbentang di wilayah Kota Pekalongan dan 4 kilometer di wilayah pesisir utara Kabupaten Pekalongan,'' ucap dia.

Bupati mengaku ingin membuat tanggul penahan banjir rob ini menjadi multifungsi, semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ''Karena itu, objek wisata ini nantinya akan dikelola oleh masing-masing desa. Kami dari pemkab akan memberi fasilitasi dan melengkapi sarana infrastruktur pendukungnya,'' kata Asip.

Bupati optimistis, setelah pembangunan tanggul raksasa ini selesai, akan ada perubahan signifikan kehidupan masyarakat di wilayah pesisir. Kawasan yang selama ini cenderung dianggap kumuh karena menjadi langganan banjir rob, ke depan akan lebih rapi dan tertata.

Demikian juga dengan masyarakatnya, Asip meyakini, kehidupan masyarakat sekitar pesisir juga akan semakin sejahtera. Terlebih setelah rencana pembangunan objek wisata di tanggul ini dimanfaatkan.

''Penyelesaian pembangunan tanggul rob dijadwalkan selesai akhir tahun 2019 ini. Setelah selesai pembangunan tanggul, kami akan kebut pembangunan untuk objek wisata baru,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement