Senin 11 Mar 2019 16:21 WIB

Pedagang Pasar Temukan Bayi Ditinggal di Pinggir Jalan

Sumiyem melaporkan penemuan bayi itu ke Mapolsek Getasan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Kaki Bayi
Foto: Pixabay
Ilustrasi Kaki Bayi

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Warga Dusun Tambangan, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan digegerkan penemuan bayi yang ditinggalkan di tepi jalan desa. Bayi berjenis kelamin perempuan ini ditemukan dalam kondisi masih hidup dengan dibungkus kaus dan sweater.

Keberadaan bayi yang baru saja dilahirkan ini, kali pertama diketahui oleh Sumiyem (48), warga Dusun Pongangan, Desa Samirono, Kecamatan Getasan yang kebetulan tengah melintas di jalan desa tersebut.

“Saat itu, saksi yang setiap hari beraktivitas di pasar Salatiga akan pulang, namun saat melintas di lokasi menemukan bayi yang ditelantarkan atau ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan ini,” ungkap Kasubag Humas Polres Semarang, AKP Teguh Susilo Hadi, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (11/3).

Saat ditemukan, jelasnya, bayi perempuan tersebut hanya terbungkus kaos warna abu- abu bertuliskan New York City. Selain itu juga dibalut dan ditutupi dengan sweater berwarna biru donker.

Atas penemuan bayi yang masih hidup ini, lanjut Teguh, Sumiyem bersama warga lain, Sigit Nugroho yang kebetulan juga melintas, membawanya ke Mapolsek Getasan sekaligus untuk melaporkannya kepada aparat yang berwenang.

“Oleh petugas Polsek Getasan, bayi malang ini selanjutnya dibawa ke Puskesmas Getasan untuk mendapatkan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut oleh bidan dan petugas medis,” lanjutnya.

Berdasarkan keterangan pihak Puskesmas Getasan, bayi perempuan ini memiliki panjang 43 centimeter serta berat 1,9 kilogram. Dari hasil pemeriksaan juga terungkap, bayi perempuan ini memiliki lingkar kepala 31 centimeter dan lingkar dada  29 sentimeter.

Petugas Puskesmas Getasan juga tidak menemukan luka- luka atau tanda- tanda kekerasan pada badan bayi tersebut. “Diduga, bayi ini lahir dalam kondisi persalinan normal dan diperkiran lahir sekitar tiga jam sebelum ditemukan,” kata Anna Joeni Astuti, petugas Puskesmas Getasan.

Baca juga, Temuan Jasad Bayi Gegerkan Sekolah di Jakbar.

AKP Teguh Susilo Hadi menambahkan, kini penemuan bayi yang ditinggalkan di pinggir jalan ini ditangani oleh aparat Polsek Getasan. Polisi sudah melakukan pemeriksaan di lokasi penemuan serta meminta keterangan sejumlah saksi.

Polisi juga masih menyelidiki kasus penemuan bayi di wilayah hukum Polsek Getasan ini, untuk mengungkap siapa orang tua yang telah tega meninggalkan bayi yang baru dilahirkannya tersebut di pinggir jalan.

“Initinya, terkait dengan penemuan bayi ini masih ditangani oleh aparat kepolisian. Sedangkan bayi malang yang ditinggalkan untuk sementara dirawat di Puskesmas Getasan,” jelasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement