Sabtu 02 Mar 2019 17:27 WIB

Ambil Berkah, Kiai Ma'ruf Ziarah ke Makam Syekh Quro

Kiai Ma'ruf sengaja mencari berkah di sela kegiatan politiknya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Kiai Ma'ruf dan istri menziarahi makam Syekh Quro di Karawang, Sabtu (2/3).
Foto: Muhyiddin/Republika.co.id
Kiai Ma'ruf dan istri menziarahi makam Syekh Quro di Karawang, Sabtu (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID,  KARAWANG -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin melakukan ziarah ke Makam Syekh Hasanuddin atau Syekh Quro. Lokasinya terletak di Masjid Agung Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (2/3) sore.

 

Baca Juga

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, Kiai Maruf tiba dilokasi pemakaman sekitar pukul 15.35 WIB. Kiai Ma'ruf tampak ditemani istrinya, Wury Estu Handayani dan puluhan umat Islam. Kiai Ma'ruf dan para peziarah ini kemudian secara bersama-sama membaca doa tahlil di dekat makam Syekh Quro.

 

 

Pembacaan tahlil tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Karawang, Acep Jamhuri. Setelah membaca doa tahlil, Acep juga menceritakan tentang sosok Syekh Quro kepada Kiai Ma'ruf dan peziarah lainnya.

 

Ulama asal Banten ini mengatakan, dirinya sengaja berziarah di sela-sela kegiatan safari politiknya untuk mencari berkah Syekh Quro. Apalagi, menurut Kiai Ma'ruf, Sultan Banten juga merupakan keturunan dari Syekh Quro.

 

"Termasuk Sultan Banten itu adalah keturunan beliau (Syekh Quro). Jadi saya ngambil berkah ke sini," ujar Kiai Ma'ruf saat ditemui usai berziarah di Masjid Agung Karawang atau Masjid Syekh Quro, Karawang, Sabtu (2/3).

 

Syekh Hasanuddin dikenal sebagai Syekh Quro karena merupakan seorang penghafal Alquran dan seorang qori bersuara merdu. Selain itu, menurut Kiai Ma'ruf, Syekh Quro juga merupakan pendiri pesantren pertama di Jawa Barat.

 

"Syekh Quro ini juga punya murid namanya Nyai Subang Larang. Nah Nyai Subang Larang itu yang kemudian menikah dengan Prabu Siliwangi, melahirkan yaitu tiga anak, yaitu Kiansantang yang ada di Garut atau Sunan Rahmat. Kemudian, Walangsungsang yang ada di Cirebon. Dan perempuan namanya Rara Santang, ini lah ibu daripada Maulana Syarif Hidayatullah," jelas Kiai Ma'ruf.

 

Dalam safari politiknya di Karawang, Kiai Ma'ruf sendiri akan menghadiri kegiatan Karawang Bersholawat di Stadion Karawang pada Sabtu (2/3) malam. "Acaranya sendiri nanti malam Karawang Bershalawat. Saya akan hadiri nanti malam. Tapi, sorenya saya mampir dulu ziarah ke Syekh Quro ini," kata Kiai Ma'ruf.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement