Rabu 27 Feb 2019 23:25 WIB

Pemkot Serius Atasi Kemacetan Lalu Lintas Stasiun Sukabumi

Akses masuk dan keluar Stasiun Sukabumi sering sebabkan kemacetan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana penumpang KA Pangrango yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Suasana penumpang KA Pangrango yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi mengaku berupaya serius mengatasi kemacetan lalu lintas yang mengarah ke Stasiun Kereta Api (KA) Sukabumi. Sebabnya selama ini akses masuk maupun keluar stasiun seringkali mengalami kemacetan lalu lintas.

"Sudah ada beberapa strategi yang dilakukan untuk mengurai kemacetan baik keluar dan masuk stasiun," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi Abdul Rachman kepada wartawan Rabu (27/2). Misalnya dengan menerapkan jalan satu arah menuju Stasiun Sukabumi.

Baca Juga

Awalnya kata Abdul, penerapan jalan satu arah atau one way ini dilakukan selama 24 jam. Namun karena ada penolakan yang disampaikan pemilik toko maka penerapannya dilakukan selama 12 jam.

Rekayasa lalu lintas ini ungkap Abdul masih memerlukan pembenahan di berbagai sisi. Hal tersebut dikarenakan adanya pedagang kaki lima (PKL) yang berada di pinggiran atau badan jalan. Sehingga menghambat arus lalu lintas.

Oleh karena itu kata Abdul diperlukan kolaborasi antara berbagai pihak dalam mengatasi kemacetan lalu lintas. Misalnya dengan petugas Dinas Satpol PP dalam menertibkn PKL agar tidak berjualan ke tengah jalan.

Sementara Dishub sambung Abdul berupaya menyediakan lahan parkir untuk angkutan kota (angkot). Sehingga aktivitas angkot tidak berhenti secara sembarangan di lintasan yang mengarah ke stasiun.

Dishub juga tutur Abdul akan menambah jumlah personel dalam mengatur lalu lintas. Saat ini ada sebanyak 18 orang petugas yang ditempatkan di sana. Selain itu petugas Satpol PP juga akan ditambah di lokasi tersebut untuk menertibkan PKL.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, pemkot memang tengah berupaya mengatasi kemacetan yang mengarah ke Stasiun Sukabumi."Upayanya dengan melibatkan petugas gabungan baik dishub, Satpol PP maupu kepala Stasiun Sukabumi," cetus dia.

Harapannya ungkap Fahmi akses jalan yang menuju stasiun bisa lancar dan memberikan kenyamanan kepada warga. Hal ini akan memberikan dampak posotif bagi perkembangan Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement