Sabtu 16 Feb 2019 11:46 WIB

Harimau Sumatera di Jambi Sakit Radang Sendi

Dua harimau sebelumnya di Kebun Binatang Taman Rimba mati karena sakit.

Harimau Sumatera.
Foto: dok. Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC)
Harimau Sumatera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang menjadi koleksi Kebun Binatang Taman Rimba Jambi saat ini berjalan dalam kondisi pincang akibat radang sendi atau arthritis di kaki kanan belakangnya. Pantauan Antara, Sabtu (16/2), dari luar kandang, harimau bernama Uni itu tampak lebih banyak duduk dan terbaring di bawah pohon bambu.

Bahkan Uni hanya sesekali berjalan sebentar. Saat berjalan itu sangat jelas kaki kanan belakangnya pincang. Setelah berjalan sebentar, kemudian ia terbaring lagi dan enggan berdiri.

Baca Juga

Menurut dokter hewan di Taman Rimba Jambi itu, Uni diketahui memang sebelumnya dalam kondisi sakit radang sendi (arthritis). "Harimau bernama Uni itu sedang sakit, namun sudah mulai sembuh, sudah bisa naik ke tempat tidurnya," kata Tarmizi seorang dokter hewan yang menangani Uni.

Uni merupakan satu-satunya harimau sumatera betina dewasa yang masih tersisa di kebun binatang itu. Beberapa waktu lalu seekor harimau sumatera jenis kelamin betina juga mati akibat sakit. Uni kini hanya sendiri di kandang karena sebelumnya dia ditinggal anaknya Ayu yang mati akibat menderita paru-paru basah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement