Kamis 14 Feb 2019 14:08 WIB

Puan Harap Kerja Sama Indonesia-Kamboja Makin Erat

Menko Puan sedang melakukan kunjungan kerja ke Kamboja.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Puan maharani
Puan maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Kamis (13/2) pagi melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen. Dalam pertemuan itu, Menko Puan mengharapkan kerjasama yang lebih erat antara Indonesia-Kamboja.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Peace Palace, Phnom Penh tersebut, Puan didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Sudirman Haseng dan Seskemenko PMK, YB Satya Sananugraha. Kepada Hun Sen, Menko Puan mengucapkan terima kasih atas bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Kamboja bagi korban bencana tsunami di Sulawesi Tengah serta ucapan simpati Kamboja atas bencana tsunami Selat Sunda.

Kemudian memasuki hubungan diplomatik Indonesia-Kamboja ke 60 pada tahun 2019, Indonesia berharap agar hubungan antar masyarakat kedua negara dapat terus ditingkatkan untuk membangun hubungan bilateral yang kuat. Mewakili pemerintah Indonesia, Puan menyebut, pihaknya telah menghadiri kemeriahan Joint Cultural Performance Indonesia-Kamboja pada tanggal 13 Februari 2019 di Chaktomouk.

“Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan tanggal ditandatanganinya kesepakatan kerjasama antara Indonesia-Kamboja 60 tahun yang lalu pada 13 Februari 1959 di Jakarta,” ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (14/2).

Kerja sama Indonesia-Kamboja selama ini ditunjukan melalui kegiatan di berbagai bidang seperti pendidikan, olahraga, pertukaran pemuda dan kebudayaan. Dalam bidang kepemudaan, Indonesia berharap dapat terus meningkatkan pertukaran pelajar dan pemuda untuk memperluas wawasan dan solidaritas antar masyarakat kedua negara. Indonesia juga mendorong arus pertukaran kebudayaan dan turis diantara kedua negara.

“Kami percaya bahwa kegiatan kerjasama antarmasyarakat ini dapat memperkuat solidaritas dan persahabatan masyarakat Indonesia dan Kamboja,” katanya.

Selain melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Hun Sen, Kamis ini, Menko Puan juga akan mengunjungi Royal Palace dan National Museum Kamboja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement