Senin 04 Feb 2019 01:54 WIB

Penarik Becak Tasik Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi

Penarik becak menilai kinerja Jokowi sudah terbukti seperti bantuan PKH dan KIP.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Bayu Hermawan
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan penarik becak yang tergabung pada Forum Komunikasi Becak Tasikmalaya (FKBT), nyatakan dukungannya kepada Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin. Hal itu dibuktikan dengan pembacaan deklarasi dukungan untuk Jokowi-Amin di Bekas Terminal Cilembang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasik, Ahad (3/2).

Ketua FKBT Agus Sutansyah (54) mengatakan, deklarasi dukungan dilakukan untukmenyamakan presepsi dalam mendukung pasangan calon presiden nomor urut satu. "Saya rasa dukungan ini diberikan kepada Jokowi-Amin tidak ada salahnya. Karena kinerja beliau sudah terbukti selama satu periode sekarang ini banyak sekali, mulai bantuan sosial Perogram Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan jaminan kesehatan, termasuk Infrastruktur pembangunan sarana fasilitas umum jalan dimana-mana sudah sangat bagus," kata Agus.

Artinya, lanjut dia, selama lima tahun ini Jokowi sudah terbukti dan tidak diragukan lagi kinerja dan keberpihakannya kepada rakyat kecil seperti tukanh becak. Ketua Umum Jaringan Perantau Asli Tasikmalaya (Japati), Junen Hudaya (28), turut menyatakan untuk mendukung penuh pasangan nomor urut satu.

"Japati, sudah pasti, mendukung penuh Jokowi-Amin menjadi Presiden 2019-2024 mendatang," jelas Junen seusai memberikan bantuan sosial kepada para tukang Becak.

Menurutnya, Japati tak hanya menyatakan dukungan kepada capres Jokowi. Namun, Japati juga memperlihatkan kepedulian terhadap masyarakat bawah melalui bakti sosial yang merupakan salah satu bagian dari  program rutin eksternal Japati. "Kita berikan bantuan ini langsung kepada masyarakat bawah seperti abang becak dan juga para pedagang asongan yang ada di Tasikmalaya. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan sosial berupa beras, kecap, minyak sayur dan lainnya dapat menambah keberkahan untuk keluarga abang Becak," ujarnya

Ditempat yang sama, Johan (40) salah satu penarik becak asal Cilembang  mengucapkan terimakasih kepada tim Japati karna adanya bantuan sosial berupa sembako yang diberikan oleh Japati sangat berarti untuk rakyat kecil. "Bantuan sembako ini, minimal untuk membantu selama satu sampai dua hari tak harus membeli beras ke warung," paparnya.

Becak pun mengaku siap untuk memberikan dukungan suara bagi capres cawapres nomor urut satu. Menurutnya, dukungang itu murni merupakan inisiatif alias tanpa ada paksaan dari pihak manapun. "Pasalnya, keberpihakan pak Jokowi terhadap rakyat kecil seperti saya ini sudah sangat bukti dan perhatian. Banyak sekali rakyat kecil yang telah dibantu, salah satunya melalui Peogram Keluarga Harapan (PKH) Kartu Indonesia Pintar (KIS) Sertifikat Tanah Geratis, jadi mau apalagi kita lanjutkan saja dua priode," jelas Johan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement