Kamis 31 Jan 2019 17:06 WIB

Ribuan Alumni Diponegoro akan Deklarasi Dukung Jokowi

Alumni Diponegoro merupakan alumni universitas negeri dan swasta di Provinsi Jateng.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Jokowi saat berbicara di program Visi Presiden
Foto: Ist
Presiden Jokowi saat berbicara di program Visi Presiden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi alumni universitas negeri dan swasta di Provinsi Jawa Tengah menyatukan diri dalam Koalisi Alumni Diponegoro. Koalisi tersebut berencana melakukan deklarasi dukungan kepada pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Salah seorang anggota Koalisi Alumni Diponegoro, Hendra Wiguna mengatakan dukungan pasangan Jokowi-Ma'ruf terus bermunculan seiring maraknya berita serta kampanye negatif yang menyudutkan pasangan itu. Maka itu, dia mengatakan, elemen masyarakat intelektual yang merupakan alumni berbagai perguruan tinggi yang selama ini menjadi silent majority.

Mereka, lanjut Hendra, menjadi silent majorit akibat adanya tekanan bahwa seakan membicarakan politik itu tabu atau bisa memecah belah silaturahmi. "Kondisi tersebut semakin memprihatinkan belakangan ini, sehingga Koalisi Alumni Diponegoro dan kalangan berpendidikan lainnya ingin menyampaikan aspirasi dukungan kepada bapak Jokowi dan Ma’ruf Amin," kata Hendra, Kamis (31/1).

Koalisi alummni berisi para alumni perguruan-perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Propinsi Jawa Tengah. Seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Tujuh Belas Agustus, Universitas Stikubank, dan lain-lain. Masih ditambah alumni SMA/SMK yang ada di Semarang.

Mereka berencana mengadakan Deklarasi Koalisi Alumni Diponegoro untuk Jokowi-Amin pada 3 Februari 2019 di Marina Convention Center, Semarang. "Menurut rencana, Bapak Jokowi sendiri akan menghadiri acara yang akan dihadiri oleh sekitar 10.000-15.000 orang alumni itu," kata Hendra.

Dalam deklarasi, Koalisi Alumni Diponegoro ingin menyampaikan apresiasi atas kinerjaJokowi selama menjabat sejak 2014. Terutama dalam pembangunan berbagai infrastruktur dan kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Lalu alumni juga akan menyampaikan harapan terhadap komitmen Jokowi-Ma'ruf dalam keberlanjutan program apabila terpilih kembali. Serta rencana-rencana pembangunan yang dijanjikan dalam kampanye.

"Rencananya Pak Jokowi dipersilahkan berorasi, dan diakhiri dengan penyampaian Pakta Integritas oleh Koalisi Alumni Diponegoro dalam mengawal pemenangan Pemilu 2019 hingga pengawalan jalannya pemerintahan untuk 5 tahun ke depan agar menjadi bangsa yang lebih sejahtera," ungkap Hendra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement