Kamis 17 Jan 2019 23:40 WIB
Debat Pilpres 2019

Tata Tertib Debat Pertama Capres-Cawapres 2019

Tata tertib dijelaskan dua moderator yang ditunjuk KPU, Ira Koesno dan Imam Priyono.

Moderator Debat Calon Presiden Ira Koesno dan Imam Priyono
Foto: Republika/ Wihdan
Moderator Debat Calon Presiden Ira Koesno dan Imam Priyono

REPUBLIKA.CO.ID, Dua moderator debat perdana capres-cawapres yang digelar KPU, Ira Koesno dan Imam Priyono menjelaskan tata tertib debat.

Ira Koesno: Penonton pendengar dan warganet selamat bergabung dalam

debat calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2019

Imam Priyono: Dan debat ini adalah debat pertama dari lima debat yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia

Ira Koesno: Saya Ira Koesno dan rekan saya Imam Priyono diberikan mandat oleh Komisi Pemilihan Umum KPU untuk menjadi moderator debat pertama capres cawapres 2019 sembilan belas, dan topik debat malam ini adalah hukum Hak Asasi

Manusia (HAM), korupsi dan terorisme.

Imam Priyono: Dan debat ini terbagi dalam enam segmen pada segmen pertama kita akan sama-sama mengikuti pemaparan visi dan misi dari para paslon, kemudian di segmen dua dan tiga. Para paslon akan menjawab pertanyaan yang dirumuskan oleh para panelis dan akan ditanggapi oleh paslon lainnya. Dan panelis pada kesempatan kali ini adalah panelis luar biasa yang memiliki reputasi kokoh.

Ira Koesno: Para panelis untuk debat malam ini adalah Agus Rahardjo, ketua KPK, Ahmad Taufan Damanik, ketua Komnas HAM, Bagir Manan mantan ketua Mahkamah Agung, Bivitri Susanti ahli tata negara, Margarito Kamis ahli tata negara dan Hikmah Hanto Juana guru besar hukum Universitas Indonesia

Imam Priyono: Dan pada segmen selanjutnya atau segmen keempat maupun kelima para paslon akan saling bertanya kemudian menanggapi jawaban dan pada segmen keenam atau terakhir paslon akan memberikan kalimat penutup debat pada malam hari ini.

Ira Koesno: Kami berharap dapat ini dapat berjalan dengan baik karenanya pada seluruh pendukung maupun undangan yang hadir dapat mematuhi tata tertib yang

ditetapkan, dan khusus bagi Anda warganet, kami meminta bijaksanalah menggunakan

media sosial mari sama-sama kita dukung semangat untuk pemilu yang berintegritas dan berkualitas.

Imam Priyono: Baik dan sebelum memulai rangkaian acara debat pertama capres maupun cawapres 2019 kami akan menyampaikan beberapa aturan main yang perlu dan harus diperhatikan juga dipatuhi. Dan berikut adalah tata tertib debat capres cawapres 2019. Tata tertib debat pertama capres dan cawapres pemilu 2019 untuk pasangan calon debat terbuka akan dipandu oleh moderator yang ditunjuk secara resmi oleh KPU Republik Indonesia.

Pasangan calon akan diberikan waktu untuk berbicara tidak dibenarkan memotong pemaparan pasangan calon lain saat pasangan calon tersebut sedang berbicara waktu dimulai ketika pasangan calon mulai berbicara. Pasangan calon tidak diperkenankan memberi pertanyaan yang menyerang personal pasangan calon lain pertanyaan antar pasangan calon harus seputar tema debat pertama. Moderator akan menghentikan pemaparan pasangan calon ketika waktu yang tersedia telah habis.

Tata tertib debat pertama capres dan cawapres pemilu 2019 untuk pendukung pasangan calon. Pendukung tidak melontarkan yel-yel atau teriakan selama acara debat berlangsung. Pendukung tidak memprovokasi pasangan calon maupun pendukung pasangan calon lain. Panitia berhak memperingatkan dan mengambil tindakan kepada pendukung yang dianggap tidak mematuhi tata tertib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement