Rabu 16 Jan 2019 18:00 WIB

KPU: Persiapan Debat Pilpres Sudah Hampir 100 Persen

Geladi bersih akan melibatkan sejumlah pihak.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil
Seorang karyawan melintas di panggung yang dipersiapakan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Seorang karyawan melintas di panggung yang dipersiapakan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan persiapan debat pertama Pilpres 2019 sudah mencapai 99 persen. KPU akan menggelar geladi bersih debat pada Kamis (17/1) pagi.

"Persiapan kami sudah hampir 100 persen. Untuk menuntaskan persiapan kami akan menggelar geladi bersih di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis pagi," ujar Wahyu dalam konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1).

Geladi bersih itu, lanjutnya, digelar mulai pukul 09.00 WIB. Agenda ini akan melibatkan KPU, Bawaslu, media penyelenggara debat, TNI, Polri, TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Paspampres dan pihak hotel.

Wahyu melanjutkan, hingga Rabu sore, KPU telah mendapat konfirmasi dari sebagian besar tamu undangan yang akan hadir di lokasi debat. Ada 500 tamu undangan yang rencananya hadir di venue debat nanti.

Untuk TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno, masing-masing diberikan kuota 100 orang undangan. Dengan kata lain, ada 200 tamu undangan yang berasal dari pendukung masing-masing paslon capres-cawapres.

Selanjutnya, KPU mengundang 300 orang dari kalangan tokoh lintas agama, akademisi, para duta besar negara tetangga, tokoh pemuda, budayawan dan tokoh mahasiswa. Selain itu, para mantan presiden dan mantan wakil presiden juga masuk dalam daftar undangan itu.

Wahyu menyebut nama BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hamzah Haz, Try Sutrisno dan Boediono, diundang untuk hadir di debat pertama itu. Wapres Jusuf Kalla juga masuk dalam daftar undangan.

Selain undangan resmi, KPU pun memberikan kesempatan kepada para pendukung masing-masing paslon yang ingin menyaksikan debat sabar bersama-sama. "Karena keterbatasan ruangan debat, KPU dan pihak hotel menyediakan dua tempat untuk nonton bareng (nobar) melalui layar lebar. Lokasinya di luar Hotel Bidakara tetapi masih dalam area gedung hotel tersebut," ungkap Wahyu.

Pemberian dua lokasi nobar ini akan dipisahkan, masing-masing untuk pendukung paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan paslon Prabowo-Sandiaga Uno. "Supaya mengakomodasi para pendukung tetapi suasana tetap kondusif, aman dan tertib," tutur Wahyu.

Sebagaimana diketahui, debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat pertama ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.

Debat pertama ini akan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun, sejak pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kegiatan pra debat.

Sementara itu, siaran debat baru akan dimulai pukul 20.00 WIB. Debat disiarkan secara live di tiga stasiun televisi yakni TVRI, Kompas TV dan RTV. Selain itu, debat juga disiarkan live di radio melalui siaran RRI. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement