Rabu 16 Jan 2019 16:49 WIB

Bayi Gajah Lahir di Way Kambas Lampung

Bayi gajah berjenis kelamin jantan, beratnya kurang lebih 90 kilogram.

Gajah bersama pawangnya di Taman Nasional Way Kambas.
Foto: Mursalin Yasland/REPUBLIKA
Gajah bersama pawangnya di Taman Nasional Way Kambas.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR -- Seekor bayi gajah lahir di Camp Elephant Response Unit (ERU) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur. Drh Diah Esti Anggraeni, dokter hewan di Rumah Sakit Gajah Pusat Konservasi TNWK mengatakan bayi gajah itu lahir pada Senin (14/1) malam di Camp ERU Way Kambas.

"Kelahiran bayi gajah di Camp ERU dari induknya bernama Wulan. Gajah Wulan ini dulu lahirnya di Pusat Latihan Gajah Way Kambas ini. Wulan ini anaknya Bunga, jadi anak Wulan ini cucunya Bunga," kata Drh Esti Anggraeni.

Esti menyebutkan, bayi gajah yang dilahirkan induk gajah Wulan itu, berjenis kelamin jantan, beratnya kurang lebih 90 kilogram. Dia menyatakan saat ini kondisi gajah Wulan dan bayinya sehat.

"Dari catatan di Camp ERU, bayi gajah ini hasil perkawinan Wulan dan gajah Renggo," katanya.

Kepala Balai TNWK Subakir merincikan bahwa bayi gajah jantan baru dilahirkan itu, tinggi badannya 82 sentimeter, panjang badan 102 sentimeter, lingkar dada 105 sentimeter, dan berat badan 90 kilogram. Riwayat Wulan adalah gajah betina yang lahir tahun 2002 dari induknya Bunga di Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas.

"Wulan anak pertama, saudara kandungnya Gadar dan Ferdi. Wulan baru pertama kali melahirkan," ujar Subakir.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement