Jumat 11 Jan 2019 13:44 WIB

JK Nilai Pembangunan LRT tidak Efisien

Salah satu kritik JK adalah pembangunan rel LRT bertepatan samping jalan tol.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan stasiun Kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Jumat (4/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan stasiun Kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Jumat (4/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengkritik proyek pembangunan light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi. Jusuf Kalla menilai, pembangunan LRT tersebut tidak efisien.

Menurut Jusuf Kalla, inefisiensi bisa dilihat dari keputusan pembangunan rel secara melayang atau elevated. Padahal, harga tanah di wilayah perbatasan Jakarta tidak terlalu mahal, sehingga bisa dilakukan pembangunan rel reguler yang lebih murah.

"Kalau luar kota lahan masih murah kok, masak, penduduk tidak ada, kenapa mesti (dibangun) elevated di luar kota, kecuali kalau wilayahnya sudah betul-betul sangat padat, itu berbeda," ujar Jusuf Kalla ketika membuka rapat koordinasi Pimpinan Nasional Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) di Istana Wakil Presiden, Jumat (11/1).

Kemudian, inefisiensi lainnya yakni pembangunan rel LRT tepat berada di samping jalan tol Jakarta-Cikampek. Jusuf Kalla mengatakan, infrastruktur LRT biasanya dibangun di lokasi berbeda dengan infrastruktur transportasi yang sudah ada. Adapun dia mencontohkan, inefisiensi tersebut tampak pada jalur LRT ke arah Bogor dengan elevated.

"Saya kasih contoh, membangun LRT ke arah Bogor dengan elevated. Ya buat apa elevated kalau hanya berada di samping jalan tol? Dan biasanya light train itu tidak dibangun bersebelahan dengan jalan tol, harus terpisah," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengatakan, inefisiensi tersebut membuat biaya pembangunan membengkak hingga Rp 500 miliar per kilometer. Oleh karena itu, pemegang proyek diperkirakan sulit mengembalikan modal investasi. Adapun Jusuf Kalla juga mempertanyakan konsultan yang terlibat dalam merancang proyek LRT tersebut.

"Siapa konsultan yang memimpin ini, sehingga biayanya Rp 500 miliar per kilometer. Kapan kembalinya kalau dihitungnya seperti itu," ujar Jusuf Kalla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement