Rabu 02 Jan 2019 22:26 WIB

Anies Tinjau Kali Sunter dan Kampung Kangkungan

Limbah deterjen di kali sunter harus ditangani secara komprehensif

Petugas PPSU mengangkat sampah-sampah yang terapung di sepanjang Kali Item Sunter Kamayoran Jakarta, yang sedang dipasangkan turap, Kamis (26/11).
Foto: Darmawan / Republika
Petugas PPSU mengangkat sampah-sampah yang terapung di sepanjang Kali Item Sunter Kamayoran Jakarta, yang sedang dipasangkan turap, Kamis (26/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Kali Sunter dan Kampung Kangkungan RT13/01 Sunter Jaya Tanjung Priok Jakarta Utara guna mengisi hari pertama tugas pada 2019. Anies didampingi jajaran dari dinas terkait melihat kondisi terkini Kali Sunter dengan mendatangi Rumah Pompa Danau Sunter.

"Terkait dengan Kali Sunter, tadi kita lihat bahwa limbah deterjen dari berbagai sumber khususnya rumah tangga itu sangat luar biasa tinggi (intesitasnya), dan ini yang harus ditangani secara komprehensif," kata Anies di Jakarta, Rabu.

Usai meninjau Kali Sunter, Gubernur DKI itu menuju Kampung Kangkungan, kemudian disambut hangat oleh warga yang mengaku terkesan dengan kondisi kampung tertata rapih secara mandiri atas kerja sama seluruh masyarakat.

"Kita menyaksikan sebuah kampung yang ditata secara mandiri oleh warga, dengan dibantu oleh teman-teman aktivis civil society, khususnya ITDP yang sekarang bantu di sini. Kita menyaksikan bahwa warga itu bisa memberikan solusi-solusi praktis yang dihadapi di kampungnya," ujar Anies.

Dia mengapresiasi kolaborasi dan keterlibatan antarwarga, terutama para ibu PKK, anggota karang taruna, dan para Ketua RT yang dipimpin Ketua RW. Menurut Anies, hal tersebut adalah salah satu contoh agar dapat dilakukan pada banyak tempat di Jakarta.

"Kuncinya adalah pemerintahnya memfasilitasi. Kami akan lakukan ini di banyak tempat dan dari pengalaman ini diperluas. Inilah yang kita bayangkan sebagai kolaborasi dalam membangun perkampungan," tutur Anies.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement