Jumat 28 Dec 2018 06:15 WIB

Puluhan Ribu Benih Lobster Dilepasliarkan di Perairan Takon

Pemerintah membatasi ukuran rajungan dan lobster yang boleh di ekploitasi.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Muhammad Hafil
Lobster laut (ilustrasi).
Foto: redorbit.com
Lobster laut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Batam bersama DJBC khusus Kepri melepasliarkan 95.750 benih lobster di perairan Takong Hiu. Puluhan ribu benih lobster tersebut merupakan hasil pengamanan penyelundupan benih lobster.

Kepala Seksi Pengendalian dan Informasi Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Tanjung Pinang Arrofiq mengungkapkan, benih lobster ini dilepas di laut agar dapat berkembang biak dengan habitatnya. Ia menilai, benih lobster yang dieksploitasi ini telah melanggar Undang-undang dan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 01 tahun 2015 tentang penangkapan lobster dan rajungan.

"Hari ini benih baby lobster hasil tegahan DJBC Kepri ini kira lepas di perairan takong hiu hal tersebut untuk menjaga kelestariannya. Di samping itu terkait UU tersebut, pemerintah membatasi ukuran rajungan dan lobster yang boleh di ekploitasi yakni dengan artian lobster yang tidak sedang bertelur dengan berat tidak lebih dari 200 gram," jelas Arrofiq, Jumat (28/12).

Kepala Kanwil DJBC Kepri Agus Yulianto mengatakan, operasi penggalan benih lobster yang akan dilepasliarkan tersebut bermula dari informasi yang diberikan kepada Kanwil DJBC Kepri dari seseorang. Setelah itu dilakukan patroli bersama KPU BC Batam dan melakukan penyisiran disekitaran perairan pulau Patah di dapati adanya speedboat HSC dengan 4 masin berkekuatan 300 PK yang berkecepatan tinggi melintas.

"Ketika petugas melihat speedboat tersebut melintas, maka dilakukan pengejaran, serta memberikan tembakan peringatan ke atas namun hal tersebut tidak di indahkan malah pelaku menambah kecepatan," ujar Agus.

Sebagai informasi, Kanwil DJBC Kepri berhasil mengamankan penyelundupan baby lobster sebanyak 95.750 dengan dua jenis, yakni lobster mutiara dan lobster pasir pada Senin (24/12) di sekitaran perairan Pulau Patah, Kecamatan Moro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement