Kamis 27 Dec 2018 16:41 WIB

Pasutri Tolak Ditilang, Marah-Marah dan Rusak Motor Sendiri

Pengendara tersebut diberhentikan karena tak menggunakan helm.

Petugas polisi melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas polisi melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Pasangan suami istri menolak untuk ditilang oleh Satuan Lalu Lintas Polda Gorontalo. Pengendara itu lalu merusak motornya dengan cara dibanting berulang kali di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (27/12).

Polisi Lalu Lintas, Aiptu Alex Talipi menjelaskan, pengendara motor tersebut diberhentikan karena tidak mengenakan helm saat berkendara.

"Melihat pengguna kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran tersebut, kami langsung menghentikan kendaraan yang dikendarai oleh pasangan suami istri ini, dan memeriksa kelengkapan kendaraan berupa surat kendaraan, tapi yang bersangkutan tidak menunjukan surat kendaraan," ujarnya.

Oleh karena itu, ia pun melakukan penilangan. Namun pengendara menolak ditilang dan langsung memarahi petugas. Mereka bahkan merusak motornya sendiri.

"Tapi sesuai prosedur lalu lintas bahwa pengguna jalan raya yang melakukan pelanggaran tetap akan di lakukan penindakan, dan kendaraannya dibawa ke Mapolda," tegasnya.

Baca juga,  Polisi Tilang 1.102 Pelanggar di Jalur Ganjil-Genap.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono sangat menyayangkan ada masyarakat yang melakukan tindakan seperti itu. "Yang perlu diketahui oleh masyarakat yaitu keberadaan polisi lalu lintas di jalan merupakan bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat," jelasnya.

Karena menurutnya, tugas polisi sendiri sesuai dengan pasal 13 UU Kepolisian itu jelas, selain menghadirkan kamtibmas, menegakkan hukum, juga memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Artinya keberadaan kepolisian bukan hanya semata-mata mencari pelanggaran.

"Justru keberadaan polisi melayani pengguna jalan yang lain agar masyarakat bisa terselamatkan dari kecelakaan lalu lintas, kemudian tidak menimbulkan fatalitas dan korban kecelakaan," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement