Sabtu 15 Dec 2018 17:09 WIB

Kapendam Cendrawasih: Mbua Mulai Normal, Yigi Belum Berubah

Distrik Mbua telah diamankan oleh TNI.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Prajurit TNI berdoa sebelum menaiki helikopter dengan tujuan di Wamena, Papua, Rabu (5/12
Foto: Antara/Iwan Adisaputra
Prajurit TNI berdoa sebelum menaiki helikopter dengan tujuan di Wamena, Papua, Rabu (5/12

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, menerangkan, situasi di Distrik Mbua, Nduga, Papua, sudah berangsur normal pascaterjadinya penyerangan oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Itu karena Distrik Mbua telah diamankan oleh TNI.

"Saat ini situasi di Distrik Mbua sudah mulai normal, kegiatan sosial dan roda perekonomian sudah berjalan dengan baik," jelas Aidi ketika dikonfirmasi, Sabtu (15/12).

Kondisi tersebut, kata Aidi, belum terlihat di Distrik Yigi, Nduga, Papua. Ia menuturkan, berdasarkan keterangan pengungsi dari Distrik Yigi, Distrik Mbua sudah berangsur pulih karena telah diamankan oleh TNI. Sementara di Distrik Yigi, setiap saat, terutama pada malam hari, masih kerap terdengar suara tembakan dari arah hutan ke perkampungan.

"Mungkin juga sebagian warga ada yang berlindung ke hutan. Dari penuturan warga Yigi yang mengunsi ke Mbua mengisahkan, pelaku pembantaian di Puncak Kabo di Yigi bukan warga Yigi, kemungkinan mereka dari Mapenduma atau daerah lain," jelas Aidi.

Menurut Aidi, pada saat kejadian pembantaian, warga di sama berusaha menghalangi KKSB agar tidak membunuh orang yang tidak berdosa, tapi warga tidak punya kekuatan apa-apa. Bahkan, pasa saat KKSB melaksanakan penyisiran ke rumah-rumah warga untuk mencari para pekerja bangunan, warga asli Yigi berusaha melindungi para pekerja tersebut.

"Mereka minta para pekerja agar lari menyelamatkan diri ke hutan karena KKSB akan menangkap dan membunuh mereka. Sebagian warga asli Yigi membawa lari dan mengantar warga pendatang masuk hutan menuju Mbua, karena mereka yang tahu jalan," jelasnya.

Hingga saat ini, dua orang jenazah karyawan PT Istaka Karya korban pembantaian KKSB di puncak Kabo Yigi belum ditemukan. Selain itu, dua orang yang diperkirakan masih selamat juga belum diketahui seperti apa nasibnya kini.

photo
Kronologi Pembantaian Pekerja di Papua

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement