Jumat 14 Dec 2018 09:15 WIB

Depok Bentuk Relawan Dampingi Pengasuhan ABK

Relawan akan diberi pelatihan agar bisa maksimal membantu pengasuhan ABK.

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah anak berkebutuhan khusus merangkai kalung berbahan manik-manik pada pelajaran keterampilan di Jakarta.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Sejumlah anak berkebutuhan khusus merangkai kalung berbahan manik-manik pada pelajaran keterampilan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kota Depok membentuk tim relawan bagi keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kota Depok. Pembentukan itu dilakukan sebagai langkah awal dari solusi dalam memaksimalkan pengasuhan yang layak bagi ABK.

"Ini bentuk perhatian kami kepada masyarakat agar anak yang berkebutuhan khusus dapat memperoleh pengasuhan yang layak," ujar Ketua LK3 Kota Depok Wulandari Eka Sari, Kamis (13/12).

Menurut Wulandari, sebelum dilakukan pembentukan tim, pihaknya memberikan pelatihan agar para relawan dapat maksimal dalam membantu pengasuhan ABK. Dengan begitu, nantinya dapat lebih dekat dengan ABK saat pengasuhan.

Para relawan akan melakukan sejumlah cara untuk keluarga yang memiliki anak ABK. Diantaranya mengidentifikasi dan memahami manajemen perilaku ABK serta mampu mengobservasi dan membuat program untuk ABK. Selain itu juga dapat memberikan pembelajaran kepada keluarga ABK tentang cara memberikan pengasuhan dan perawatan yang baik hingga mereka dapat mandiri dalam melakukan aktivitas.

"Relawan ini nantinya membantu keluarga dan ABK untuk bisa mandiri dan tidak bergantung pada orang lain," ucap dia.

Wulandari berharap, jika ada keluarga prasejahtera yang memiliki anak yang berkebutuhan khusus bisa berkoordinasi dengan LK3 untuk mendapatkan pendampingan mengenai pola asuh ABK. "Dengan langkah ini diharapkan ABK dapat tumbuh kembang sesuai dengan haknya di Kota Depok yang ramah keluarga," kata Wulandari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement