Jumat 14 Dec 2018 06:29 WIB

Jalur Padang-Solok Kembali Putus, Alat Berat Dikerahkan

Upaya membersihkan material longsor dihentikan sementara karena kondisi tanah labil.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda
Longsor kembali memutus jalur Padang-Solok pada Jumat (14/12). Akibatnya, tiga kendaraan terseret material longsor dan satu orang dilaporkan meninggal dunia.
Foto: BPBD Padang
Longsor kembali memutus jalur Padang-Solok pada Jumat (14/12). Akibatnya, tiga kendaraan terseret material longsor dan satu orang dilaporkan meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jalur utama yag menghubungkan Kota Padang dan Solok via Sitinjau Lauik di Sumatra Barat kembali putus, pada Kamis (14/12) dini hari, akibat tertimbun longsor. Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Padang Sutan Hendra menyebutkan, saat ini alat berat sudah meluncur menuju lokasi kejadian di Panorama 2 untuk membersihkan material longsor. 

"Tapi pembersihan kami hentikan dulu, tunggu langit terang. Kondisi tanah juga masih labil," kata Sutan, Kamis (14/12). 

Material longsor juga menyeret sejumlah kendaraan yang berada di bawah tebing, yakni satu unit bus Family Raya, satu unit truk, dan satu unit minibus. BPBD Kota Padang menyebutkan, bencana ini menimbulkan satu orang korban jiwa dan empat orang luka-luka. 

Jalur Padang-Solok memang menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Kota Padang menuju Bukittinggi, Tanah Datar, atau Payakumbuh setelah putusnya jalur utama Padang-Bukittinggi. Padatnya kendaraan yang ingin melintasi jalur ini pun membuat kemacetan panjang. Belum lagi, risiko longsor yang mengintai. 

BPBD mencatat, korban meninggal dunia adalah Dian Ekawati (40 tahun). Sementara korban lain yang terluka sudah dievakuasi menuju rumah sakit. Material lonsgro sepanjang 30 meter dan ketinggian timbunan 2-3 meter juga membuat jalur Padang-Solok kembali terputus. 

Sebagai informasi, hujan deras terus mengguyur wilayah Sumatra Barat sejak Senin (10/12) lalu. Akses utama Padang menuju Bukittinggi terputus akibat ambruknya Jembatan Sungai Kalu pada Senin petang. Jalur Padang-Solok juga sempat terputus, Rabu (12/12) pagi, akibat longsor di Panorama 2, namun kembali dibuka setelah material longsor dibersihkan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement